Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:21 WIB | Sabtu, 25 Februari 2017

Israel Segera Terbitkan Laporan Tentang Perang Gaza 2014

Pasukan keamanan Israel menembakkan gas air mata saat bentrok dengan warga Palestina dan asing, menuntut dibukanya Jalan Shuhada yang ditutup bagi warga Palestina di Hebron, Tepi Barat pada 24 Januari 2017. (Foto: AFP/Hazem Bader)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Sebuah laporan yang isinya diperkirakan berisi kritikan terhadap perdana menteri Israel dan komando angkatan bersenjata atas sikap mereka menjelang perang Gaza pada 2014 akan dirilis pekan depan, kata pejabat pada hari Jumat (24/2).

Laporan pengawas negara Yossef Shapira, hasil dari pemeriksaan selama dua tahun, akan dipublikasikan pada Selasa, kata juru bicara dari kantornya kepada AFP.

Shapira, yang bertanggung jawab dalam menilai kebijakan negara dan penggunaan dana publik, membuka investigasi tidak lama setelah konflik pada Juli-Agustus 2014 antara Israel dengan Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza.

Sebuah rancangan yang dirilis kepada para pejabat senior dikabarkan mengecam Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Moshe Yaalon karena gagal mempersiapkan diri atas ancaman yang ditimbulkan terowongan Hamas dari Gaza, meskipun ada peringatan dari badan intelijen.

Hamas dan sekutunya menggunakan terowongan tersebut untuk melancarkan serangan lintas perbatasan terhadap teritorial Israel.

Laporan itu juga memeriksa “bagaimana keputusan diambil di dalam kabinet (keamanan) sebelum dan di awal Operation Protective Edge,” kata juru bicara Shapira, menggunakan nama sandi Israel untuk serangan tersebut.

Rancangan itu, dirilis kepada para menteri dan pejabat militer pada November, mengatakan Netanyahu dan Yaalon hanya memberi tahu sebagian kabinet mengenai ancaman dari terowongan tersebut, menurut data yang bocor ke media setempat.

Seorang sumber yang dekat dengan Netanyahu membantah tuduhan itu.

Terowongan tersebut adalah salah satu senjata paling efektif Palestina saat konflik selama 50 hari itu.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home