Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 23:01 WIB | Sabtu, 06 Juni 2015

Jelang Kunjungan Paus, Muncul Video Serukan Jihad di Balkan

Paus Fransiskus. (Foto: bbc.co.uk)

SARAJEVO, SATUHARAPAN.COM - Gerilyawan yang mengaku menjadi anggota kelompok Islamic State (ISIS) menyerukan jihad di negara-negara Balkan melalui sebuah video yang dilaporkan oleh media lokal pada Jumat (5/6), menjelang kunjungan Paus Fransiskus ke Sarajevo.

Video berdurasi 20 menit tersebut, yang menyertakan logo sebuah perusahaan produksi yang memiliki kaitan dengan propaganda ISIS, serupa dengan beberapa video lain yang dirilis kelompok tersebut.

Video itu tidak membuat acuan apa pun terhadap kunjungan Paus dan tidak mungkin untuk menentukan waktu serta lokasi perekamannya.

Video itu menampilkan belasan militan dari Albania, Bosnia dan Kosovo. Beberapa dari mereka berbicara dalam bahasa Bosnia dan Albania, dan mereka mengenakan penutup kepala serta sarung tangan.

Ini bukan video pertama di mana para militan di negara-negara Balkan menyerukan jihad, tapi dampaknya diperkuat dengan kedekatan waktu menjelang kunjungan Paus.

Dalam video tersebut seorang warga Albania Kosovo, yang mengenalkan diri sebagai Abu Muqatil Al-Kosovo, mengatakan “para kafir” di Balkan akan menghadapi “hari-hari mengerikan”.

Paus diperkirakan akan disambut oleh sekitar 100.000 orang di ibu kota Bosnia, Sarajevo. Dia akan menggelar misa untuk 65.000 orang di Olympic Stadium kota tersebut.

Para ahli mengatakan bahwa kunjungan Paus mewakili tantangan besar bagi pasukan keamanan di negara itu, yang menjadi lahan subur bagi para militan. (AFP)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home