Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 00:40 WIB | Rabu, 08 Januari 2014

Jepang Kerahkan Jet Tempur Hadapi Pesawat China di Wilayah Sengketa

Zona Pertahanan Udara China. (Foto: dari xinhua.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM -  Jepang mengerahkan jet tempur pada Selasa (7/1) untuk mengusir pesawat pemerintah China yang terbang menuju kepulauan sengketa di Laut China Timur, tutur kementerian pertahanan di Tokyo.

Ini merupakan insiden pertama yang diumumkan kementerian tersebut sejak China menetapkan zona identifikasi pertahanan udara baru (ADIZ) pada November tahun lalu, yang meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Pesawat baling-baling Y-12 milik China terbang menuju ADIZ milik Jepang, sekitar 160 km dari wilayah udara di sekitar Senkaku yang dikelola Tokyo, yang Beijing klaim sebagai Diaoyou, ujar kementerian tersebut.

Pesawat itu terbang kembali ke China tanpa sempat memasuki wilayah udara sengketa setelah pesawat Jepang mengudara, kata seorang pejabat pertahanan, tanpa mengonfirmasikan detail lebih lanjut. 

ADIZ yang ditetapkan China juga meliputi wilayah kepulauan sengketa tersebut.

Insiden itu muncul di tengah ketegangan diplomatik antara Jepang dan China, yang berujung pada saling menghina di media Inggris pada Senin.

Kapal dan pesawat pemerintah China dikirim ke kepulauan sengketa beberapa kali sejak Jepang menasionalisasi wilayah tersebut pada September 2012, terkadang dalam radius 12 mil zona bahari. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home