Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 07:42 WIB | Rabu, 08 Januari 2014

Ban Tunjuk Jane Holl Lute Bantu Relokasi Pengasingan Orang Iran di Irak

Jane Holl Lute membantu relokasi pengungsi Iran. (foto: nextgov.com)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Ban Ki-moon mengumumkan penunjukan Jane Holl Lute sebagai penasihat khusus yang mewakilinya untuk merelokasi warga Iran Kamp Hurriya keluar dari Irak, Minggu (5/1). 

Kamp Hurriya, yang terletak di dekat bandara Baghdad, adalah rumah bagi sekitar 3.200 orang pengungsi Iran, banyak dari mereka adalah anggota kelompok Mojahedeen Rakyat Iran yang telah berada di Irak sejak tahun 1980-an.

Sejak 2011, Badan Pengungsi PBB (UNHCR) bersama-sama dengan Misi Bantuan PBB untuk Irak (UNAMI), telah berusaha untuk mencari peluang relokasi ke luar Irak untuk  semua penghuni kamp. Sejauh ini, masyarakat internasional telah merelokasi mereka dengan aman ke negara ketiga sebanyak 311 warga.

Dalam tugas barunya, Ms. Holl Lute yang adalah seorang warga negara Amerika Serikat, akan bekerja dengan taruhan yang sangat tinggi, khususnya negara-negara anggota, untuk membantu relokasi warga kamp, menurut sebuah pernyataan dari juru bicara Ban.

Dalam tugas sebelumnya, Ms. Holl Lute menjabat sebagai Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk mendukung Peacebuilding dan Asisten Sekretaris Jenderal untuk Dukungan Misi di Departemen Operasi Penjaga Perdamaian (DPKO).

Ms. Holl Lute baru-baru ini menjabat sebagai US Deputy Secretary of Homeland Security. Dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Operasional Kantor Yayasan PBB dan Better World Fund.

Pejabat PBB yang baru diangkat akan bekerja dengan Perwakilan Khusus Ban di Irak dan kepala UNAMI, Nickolay Mladenov, yang pekan lalu menegaskan bahwa pemerintah Irak ikut bertanggung jawab untuk melindungi warga kamp, sebagai bagian dari perjanjian itu ditandatangani bersama dengan PBB pada 2011 lalu.

Kamp Hurriya, serta Kamp Irak Baru (sebelumnya Ashraf) yang sebelumnya menjadi tempat bernaung kelompok tersebut telah ditargetkan untuk serangan kekerasan. (un.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home