Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 05:38 WIB | Jumat, 16 Januari 2015

Kalah Pemilu, Rajapakse "Legowo" Mundur dari Ketua Partai

Mahinda Rajapakse, mantan presiden Sri Lanka (Foto:zetaboards.com)

KOLOMBO, SATUHARAPAN.COM - Mantan pemimpin Sri Lanka Mahinda Rajapakse sepakat untuk mengundurkan diri sebagai ketua partainya, seraya membuka peluang untuk presiden baru negara tersebut guna berkuasa secara penuh, kata seorang penasihat pada Kamis.

Presiden Maithripala Sirisena menjabat sekretaris jenderal Partai Kebebasan Sri Lanka (Sri Lanka Freedom Party atau SLFP), namun dikeluarkan dari partai itu menjelang pemilu setelah dia berpisah dari Rajapakse pada November untuk menjadi kandidat oposisi.

Sirisena, yang mengalahkan presiden Rajapakse yang berkuasa lama dalam pemilu pekan lalu, mengklaim kepemimpinan partai setelah pemilu tersebut namun para loyalis Rajapakse awalnya menolak untuk mendukungnya, berisiko memecah belah partai itu.

“Dia (Rajapakse) bertemu dengan Presiden Sirisena pada Rabu malam dan membahas nasib SLFP,” kata penasihat itu kepada AFP.

“Langkah itu diputuskan dalam rapat komite pusat (pembuatan kebijakan) pada Jumat, Sirisena akan dikonfirmasikan sebagai pemimpin baru partai tersebut.”

Kampanye pemilu Sirisena didukung koalisi partai-partai oposisi setelah dia membelot dari pemerintahan Rajapakse saat menjabat sebagai menteri kesehatan untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Namun sumber partai mengatakan pemberhentian dirinya dari SLFP tidak pernah diratifikasi.(AFP/Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home