Loading...
INDONESIA
Penulis: Fransiska Sari Indah 14:25 WIB | Senin, 26 Agustus 2013

Kapal Motor Ekspres Bahari Terbakar di Tanjung Pandan, Menewaskan Enam Orang

Kapal Ekspres KM Bahari terbakar di Tanjung Pandan, Belitung dan insiden tersebut menewaskan 6 orang dan 7 orang lainnya masih dalam proses pencarian. (foto:city.seruu.com)

BELITUNG, SATUHARAPAN.COM – Kapal Ekspres Bahari terbakar saat menuju pelabuhan Tanjung Pandan, Pulau Belitung. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada enam orang tewas dan tujuh orang masih dalam proses pencarian. Sebanyak 184 orang selamat dalam insiden tersebut.

Menurut keterangan sementara dari passenger manifest (data penumpang), jumlah penumpang KM Ekspres Bahari 8C ada 177 orang. Namun ada delapan penumpang yang tidak tercatat. Selain itu, nahkoda, crew kapal, dan ABK berjumlah 12 orang.

Musibah terbakarnya KM Ekspres Bahari terjadi pada Kamis (22/8) pukul 17.30 WIB di pusat koordinat 2.41.96 LS dan 107.25.522 LT dekat perairan batu dinding (Selat Nasik) Kabupaten Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung.

Kapal tersebut berangkat dari pelabuhan Pangkalbalam pada Kamis (22/8) siang sekitar pukul 13.30 WIB dan terbakar saat perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Pandan Pulau Belitung.

Sebanyak 100 orang personel dikerahkan tim SAR gabungan, antara lain Basarnas, BPBD, TNI, Polri, Tagana, Pemuda Pancasila, serta masyarakat, untuk mencari dan mengevakuasi para korban.

Penyebab kecelakaan diduga penumpang kapal membuang puntung rokok yang terkena kotak anak ayam. Kotak-kotak terbuat dari kardus itu terbakar dan merambat ke barang-barang lain membuat api cepat membesar dan tidak dapat dikendalikan.(bnpb.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home