Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:11 WIB | Minggu, 30 Agustus 2015

Kejurnas Atletik 2015 Siapkan Atlet ke PON 2016

Kejurnas Atletik 2015 Siapkan Atlet ke PON 2016
Ilustrasi: Stadion Atletik Gelora Rwamangun digunakan banyak generasi muda untuk berlatih dan menjaga kebugaran fisik. (Foto-foto: Prasasta Widiadi)
Kejurnas Atletik 2015 Siapkan Atlet ke PON 2016
Stadion Atletik Gelora Rwamangun digunakan banyak generasi muda untuk berlatih dan menjaga kebugaran fisik.
Kejurnas Atletik 2015 Siapkan Atlet ke PON 2016
Stadion Atletik Gelora Rwamangun digunakan banyak generasi muda untuk berlatih dan menjaga kebugaran fisik.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2015 akan mempersiapkan atlet dari cabang atletik terbaik dari setiap provinsi untuk dilombakan ke Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2016.

“Provinsi paling muda yaitu Kalimantan Utara ikut mengirimkan kontingen atletnya.  Bisa jadi karena Kejurnas kali ini menjadi ajang kualifikasi terakhir cabang atletik untuk keseluruhan atlet agar bisa ikut ambil bagian di Pekan Olahraga Nasional XVIII Jawa Barat tahun 2016 mendatang,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Drs Dwi Prijono, M,Pd, di Jakarta, Jumat (28/8) seperti diberitakan situs resmi PB PASI (Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), indonesia-athletics.org.

Prijono mengatakan banyak daerah mengirimkan atlet kategori usia yunior dan senior, menurut Prijono tahun ini tercatat ada 742 atlet yang terdiri dari 492 atlet putra dan 250 atlet putri telah terdaftar di panitia Pelaksana Kejurnas PB PASI. 

Kejurnas kali ini akan berlangsung selama lima hari yaitu dari tanggal 1 September 2015 hingga 5 September 2015. Prijono mengemukakan panpel Kejurnas juga memilih untuk menggelar lomba  di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta Timur. Namun, khusus nomor jalan cepat 20 km Panpel memilih untuk menggelarnya  di Pintu VII Gelora Bung Karno atau persis di sebelah Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Jikapun masih ada peluang kualifikasi, lanjut Dwi Prijono, yaitu di Pekan Olahraga Mahasiswa nasional tapi sebatas hanya untuk mereka yang berstatus mahasiswa. 

Dari jumlah 742 atlet yang telah menyatakan keikutsertaanya di Kejurnas kali ini, kontingen terbesar datang dari propinsi Jawa Barat dengan atlet berjumlah 62 orang. Diikuti kontingen Jawa Tengah dengan 55 Atlet dan tuan rumah DKI Jakarta yang mengirim 54 Atlet terbaiknya.

“Kontingen terkecil datang dari Kepulauan Riau, yang hanya mengirim 1 atletnya. Beberapa atlet nasional dan mantan atlet nasional sepert Dedeh Erawati, Triyaningsih dan mantan sprinter nasional Suryo Agung Wibowo,  akan ikut berlaga di Kejurnas 2015,” kata Prijono.

Menurut Sekjen PB PASI Tigor Tanjung, kejurnas kali ini selain menjadi ajang kualifikasi PON Jawa Barat 2016, juga akan dijadikan ajang pencarian bibit bibit muda atletik Nasional. Para talent Scouting dari PB PASI akan memantau setiap atlet yang berpotensi untuk dikembangkan dan memungkinkan untuk dimasukan dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) jangka Panjang yang digelar PB PASI. “Mereka yang dipilih oleh para talent scouting, akan kita tes lagi, sebelum kita masukan ke Pelatnas PB PASI,” ujar Tigor Tanjung. (indonesian-athletics.org)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home