Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 06:19 WIB | Senin, 14 November 2016

Kemenag Ingin Lahirkan Pemuda Berkomitmen Kebangsaan, Lewat Kemah Antariman

Ilustrasi: Jambore Nasional Pramuka (Foto: kemenpora.go.id)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag), Nur Syam, mengatakan bahwa Kemenag menginginkan lahirnya generasi muda yang memiliki pijakan kokoh dan berkomitmen menegakkan empat konsensus kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebhinekaan.

Nur Syam mengatakan, salah satu caranya dengan menggelar "Kemah Pemuda Lintas Agama".  "Maka, Kemah Pemuda Lintas Agama, dan dialog antar umat beragama merupakan momentum untuk berlatih dan berupaya agar kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa terus dibina, diupayakan dan dihasilkan,” katanya saat penutupan Kemah Lintas Iman, hari Kamis (10/11). 

"Para pemuda harus meyakinkan kami bahwa ke depan negara ini akan terus berada di dalam bingkai konsensus kebangsaan ini," kata dia. 

Menurut Nur Syam, tampuk kepemimpinan akan terus berganti. Para pemimpin sekarang akan mulai menua dan digantikan oleh generasi selanjutnya.

Kemah Pemuda Lintas Agama berlangsung selama empat hari, 7 - 10 November. Perkemahan ini dibuka oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Nur Syam mengingatkan tantangan perubahan sosial dan budaya yang sangat cepat. Menurut dia, cultural attack dan social attack datang silih berganti. Budaya luar dan global terus mendera. "Para pemuda harus mampu memilah dan memilih. Kita harus hati-hati di dalam mengikuti arah perubahan tersebut,” kata dia.

Di era cyber war, kata dia, pertarungan ide, gagasan dan informasi dilakukan melalui media. Ironisnya, informasi yang berkembang tidak jarang berupa fitnah, provokasi, pembunuhan karakter, kebencian, penistaan, dan hate speech lainnya.

Mantan Dirjen Pendidikan Islam ini berharap Kemah Pemuda Lintas Agama yang bertepatan dengan Hari Pahlawan dijadikan sarana membangun kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa. "Kebinekaan adalah sunnatullah yang azali sifatnya,” kata dia.

Perkemahan itu menjadi agenda rutin Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag.  (kemenag.go.id)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home