Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:04 WIB | Rabu, 18 Juni 2014

Kemenkes: 13 Bandara Simulasi Waspada MERS

Pengecekan suhu badan kepada penumpang pesawat terbang di Bandara Ninoy Aquino, Manila, Filipibne untuk mencegah penularan MERS. (Foto:Ist)

TANGERANG, SATUHARAPAN.COM - Kementrian Kesehatan berencana lakukan simulasi kewaspadaan Virus MERS CoV (Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus) di 13 Bandara di Indonesia.

"Nantinya ada 13 bandara embarkasi yang akan melakukan simulasi kewaspadaan virus MERS CoV seperti di Bandara Soekarno - Hatta," kata Sekretaris Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kemenkes, Muhammad Subhan, di Tangerang, hari Rabu (18/6).

Bandara yang menjadi lokasi simulasi virus MERS CoV, antara laini Surabaya, Bali, NTB, Makasar, Medan, Balikpapan dan beberapa lokasi lainnya.

Namun demikian, dari total 49 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang ada, seluruhnya pernah melakukan simulasi kewaspadaan virus seperti SARS (Severe Aqute Respiratory Syndrome), Flu Burung dan kasus virus terjangkit lainnya.

"Untuk kewaspadaan mengenai penyakit menular, sudah dapat dikatakan siap. Mulai dari kelengkapan hingga petugas medisnya," kata dia.

Mengenai simulasi kewaspadaan virus MERS di Bandara Soekarno - Hatta, Subhan menjelaskan, hal itu merupakan yang pertama dilakukan dan direncanakan sejak sebulan lalu.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi dengan Menkokesra dan kementrian lainnya terkait pencegahan penyebaran virus MERS di Indonesia, katanya.

Sebagai pelaksana teknis, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan segera melakukan koordinasi dengan pihak bandara dan Kementrian Perhubungan.

Dalam kegiatan simulasi, dilakukan skenario yang sesuai fakta nantinya. Mulai dari koordinasi pilot dengan trafic control hingga lokasi isolasi di tenda darurat dan rujukan ke rumah sakit, katanya.

"Dalam simulasi ini, kami juga mengajak perwakilan delapan KKP agar bisa mempelajari dan mensimulasikan dalam penanganan nantinya," kata dia. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home