Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:11 WIB | Selasa, 12 Juni 2018

Kim dan Trump Berjabat Tangan Mengawali KTT Singapura

Kim Jong-un dan Donald Trump berjabat tangan mengawali Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Singapura, Selasa (12/6). (Foto: bbc.com)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump tiba di lokasi KTT Singapura, Selasa (12/6). Pertemuan pertama yang bersejarah dari kedua pemimpin ini akan membahas perjanjian damai dan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Kim tiba lebih dulu di Capella Resort, di Pulau Sentosa Singapura, sesaat sebelum pukul 9 pagi waktu setempat (pukul 8 WIB). Dia mengabaikan kamera, berjalan ke hotel dengan kacamata di tangan. Trump mengikuti beberapa menit kemudian, berbalik menghadap kamera dengan ekspresi netral sebelum memasuki tempat tersebut.

Jabat tangan bersejarah dari dua pemimpin di depan deretan bendera AS dan Korea Utara terjadi pada pukul 9.04. Trump tersenyum dan menepuk punggung Kim, mengantarnya ke ruang konferensi. Trump mengatakan sebelumnya dia akan tahu apakah KTT akan berhasil dalam beberapa menit pertama pertemuan dengan Kim.

"Kami akan memiliki hubungan yang hebat, saya tidak ragu," kata Trump dalam sesi foto singkat.

"Praktik-praktik dan prasangka masa lalu adalah rintangan dalam perjalanan kami ke depan, tetapi kami berhasil mengatasi semuanya dan berada di sini hari ini," kata Kim. "Itu benar," sambut Trump.

Selanjutnya usai keluar ruangan dalam sesi empat mata selama 40 menit, Trump mengatakan bahwa pertemuan dengan Kim Jong Un "sangat, sangat bagus" dan memiliki "hubungan yang sangat baik."

Sebelumnya keduanya dijadwalkan bertemu selama dua jam secara pribadi, hanya ditemani oleh penerjemah mereka. (rt.com/apnews.com)

Back to Home