Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Tunggul Tauladan 13:56 WIB | Selasa, 04 Februari 2014

Kimpraswil Perbaiki Jalan Amblas di Babaran Yogyakarta

Lubang besar di Jalan Babaran Yogyakarta. (Foto: Tunggul Tauladan)
YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Masyarakat yang bermukim di wilayah RT 32, Kelurahan Warung Boto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, kini mulai bisa bernafas lega. Pasalnya, jalan amblas yang menyisakan lubang besar di Jalan Babaran, sepekan terakhir ini mulai diperbaiki oleh Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Yogyakarta. 
 
Perbaikan yang dilakukan oleh Kimpraswil ini meliputi pengerjaan saluran air limbah dan saluran air hujan. Kepala proyek perbaikan Jalan Babaran, Rahman yang ditemui satuharapan.com di lokasi proyek perbaikan pada (3/1) mengatakan perbaikan sudah berjalan seminggu.
 
“Perbaikan ini telah dilakukan sejak minggu lalu, meliputi pembuatan ulang saluran air hujan dan perbaikan saluran air limbah yang sempat terputus,” kata Rahman.
 
Jalan Babaran yang telah amblas sejak sekitar sebulan yang lalu, pada awalnya hanya menimbulkan lubang dengan diameter sekitar 1,5 meter. Namun, hujan yang terus-menerus mengguyur mengakibatkan lubang semakin meluas, bahkan memiliki diameter hingga sekitar 5 meter.
 
Warga masyarakat yang mengeluhkan lambatnya proses pengerjaan dari pemerintah tak mampu berbuat banyak. Warga sekitar hanya berinisiatif untuk memasang rambu peringatan dan menutup akses ke Jalan Babaran dengan menggunakan bambu dan rambu lalu lintas secara swadaya, untuk mencegah jatuhnya korban. 
 
Menurut Sukardi, Ketua RT 32, Jalan Babaran memang sempat beberapa kali amblas, namun pemerintah selalu tanggap dan cepat untuk segera memperbaikinya. Namun untuk kejadian yang sekarang ini, Sukardi menilai pemerintah kurang tanggap karena lambatnya proses pengerjaan perbaikan. 
 
Sukardi menambahkan, lambatnya proses perbaikan menjadikan Jalan Babaran lumpuh untuk waktu yang cukup lama. Padahal jalan tersebut merupakan akses utama bagi masyarakat sekitar. Selain itu, Jalan Babaran juga cukup vital untuk mendukung perekonomian warga. Pasalnya di kiri-kanan Jalan Babaran, warga sekitar juga membuka toko, mulai toko kelontong, warung makan, hingga counter pulsa.
 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home