Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 15:12 WIB | Sabtu, 16 Mei 2015

Komandan Militan Afiliasi Al Qaeda Aljazair Tolak Ikut ISIS

Mokhtar Belmokhtar (Foto: The Telegraph)

NOUAKCHOTT, SATUHARAPAN.COM – Komandan kelompok militan Aljazair Mokhtar Belmokhtar pada Jumat (15/05) menjauhkan dirinya dari janji setia yang dibuat kelompok militannya kepada ISIS, menurut media Mauritania.

Kelompok Al-Murabitoun pimpinan Belmokhtar di Afrika Utara memiliki hubungan dengan Al Qaeda namun sebuah rekaman siaran dari kantor berita Mauritania Al-Akhbar pada Kamis menyatakan pihaknya bergabung dengan organisasi ISIS dan pemimpinnya Abu Bakr al-Baghdadi.

Namun Belmokhtar mengatakan deklarasi itu “bertentangan dengan kondisi dan perjanjian” dari gerakan dewan penasehat “syura”, menurut kantor berita tersebut.

“Itu jelas sekali melanggar pernyataan mendasar yang menentukan metode dan perilaku dari organisasi tersebut,” kata Belmokhtar seperti dilaporkan.

Al-Akhbar, yang sering memublikasikan pernyataan dari militan, mengatakan kepada AFP pihaknya sudah memverifikasi pernyataan tersebut yang juga dikaji oleh kelompok Intelijen asal Amerika Serikat yaitu SITE.

Pihaknya mengutip bahwa Belmokhtar mengatakan Al-Murabitoun akan terus mendukung pemimpin Al Qaeda global yakni Ayman al-Zawahiri asal Mesir, yang diburu atas penyerangan di Amerika Serikat, Asia, Afrika dan Timur Tengah.(AFP)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home