Loading...
MEDIA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:41 WIB | Selasa, 03 Mei 2016

Koran Tempo Makassar Edisi Cetak Tutup karena Merugi

Ilustrasi: Sebuah media di luar negeri yang menyajikan berita di tablet. (Foto: talkingbiznews.com).

MAKASSAR, SATUHARAPAN.COM – Koran Tempo Makassar (KTM) menyatakan diri tutup dan berpindah menuju era digital. “Inilah edisi penghabisan di platform cetak. Kami akan terus bekerja melengkapi transisi menuju format digital,” seperti dikutip dari  koran edisi terakhir KTM, hari Sabtu (30/4). 

KTM menerbitkan edisi terakhir pada tanggal 30 April 2016  sebab mulai edisi 2 Mei 2016 KTM menerbitkan koran digital.  KTM kali pertama terbit pada 28 November 2009 di Makassar, dan mulai Senin (2/5) pembaca dapat  mengakses  di www.korantempo.co.

Manajemen KTM, seperti tertuang di edisi terakhir, mengemukakan  tidak akan pamit  namun hanya mengubah format ke digital. “Keputusan go fully digital ini bukanlah keputusan mendadak. Kami melihat tren berkembangnya pengguna digital yang tumbuh pesat. Pada saat yang sama, jumlah pembaca media cetak justru semakin berkurang,” demikian lanjut pernyataan tersebut.

Manajemen KTM, seperti tertuang di edisi terakhir, menyebut hampir semua media cetak di Indonesia saat ini bekerja dalam kondisi rugi dalam penerimaan sirkulasi dan bertahan hidup dari pendapatan iklan. Sementara itu, pendapatan iklan media cetak mulai berkurang karena pemasang iklan mulai beralih ke media digital.

KTM bermitra dengan  PT Bosowa Media Utama sejak 2014 dan tetap mendukung langkah kami ini. “Penyebaran berita dan informasi, termasuk materi iklan dan promosi, melalui media digital merupakan tren yang semakin dominan di belahan dunia manapun,” demikian lanjut pernyataan tersebut.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home