Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:19 WIB | Selasa, 22 September 2020

Korban Meninggal COVID-19 di AS Melampaui 200.000

Seorang perawat menyeka air mata saat dia berdiri di luar Langone Medical Center New York University di 1st Avenue di Manhattan, ketika polisi New York datang untuk bersorak dan berterima kasih kepada petugas kesehatan di New York City, New York, AS. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Jumlah kematian akibat virus Corona di Amerika Serikat lebih dari 200.000 jiwa pada hari Senin (21/9), lebih dari dua kali lipat jumlah kematian di India, negara yang melaporkan jumlah kasus tertinggi kedua di dunia.

AS sekarang kehilangan sekitar 800 nyawa setiap hari karena virus itu, menurut penghitungan Reuters. Namun itu turun dibanding puncaknya dengan  2.806 kematian harian yang tercatat pada 15 April.

Selama bulan-bulan awal pandemi, 200.000 kematian dianggap oleh banyak orang sebagai jumlah maksimum nyawa yang kemungkinan besar akan hilang di Amerika Serikat karena virus corona.

Awal bulan ini, Presiden AS, Donald Trump, membela penanganan krisisnya. Dia mengaku mengecilkan bahaya virus corona sejak dini, karena dia tidak ingin "membuat panik".

Dengan hampir enam pekan tersisa sebelum pemilihan pada 3 November, Trump berada di belakang saingannya dari Partai Demokrat, Joe Biden, secara nasional dalam setiap jajak pendapat utama dan bersaing ketat di negara bagian kunci.

Penanganan Trump atas pandemi dan kemerosotan ekonomi berikutnya telah menghancurkan posisinya di antara banyak pemilih.

Trump sering mempertanyakan nasihat para ahli dalam segala hal mulai dari waktu diperoleh vaksin hingga pembukaan kembali sekolah, dan bisnis hingga mengenakan masker. Dia menolak untuk mendukung mandat mengenakan masker secara nasional dan mengadakan demonstrasi politik besar-besaran di mana hanya sedikit yang memakai masker.

Masker Ketimbang Vaksin

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, Robert Redfield, baru-baru ini mengatakan kepada Kongres bahwa masker wajah akan memberikan perlindungan yang lebih terjamin daripada vaksin, yang hanya akan tersedia secara luas pada "akhir kuartal kedua atau kuartal ketiga tahun 2021."

Trump membantah jadwal untuk vaksin dan mengatakan bahwa itu mungkin tersedia dalam hitungan pekan dan menjelang pemilihan 3 November. Pada hari Jumat (18/9) dia mengatakan dia mengharapkan semua orang Amerika mendapatkan vaksin pada bulan April.

Biden, yang sering memakai masker dan mengatakan dia membutuhkan masker di seluruh negeri, telah memperingatkan agar vaksin tidak segera dirilis, dengan mengatakan, “Biar saya perjelas: Saya percaya vaksin, saya percaya ilmuwan, tetapi saya tidak percaya Donald Trump.”

CDC saat ini memperkirakan bahwa jumlah korban tewas di AS akan mencapai 218.000 pada 10 Oktober. Sedangkan Institut Kesehatan Universitas Washington memperkirakan kematian akibat virus corona mencapai 378.000 pada akhir tahun 2020, dengan jumlah kematian harian meroket menjadi 3.000 orang per hari pada bulan Desember.

Lebih dari 70 persen dari mereka di Amerika Serikat yang kehilangan nyawanya karena virus berusia di atas 65 tahun, menurut CDC.

Texas, Florida dan California

Negara bagian di selatan, Texas dan Florida, menyumbang kematian terbanyak di Amerika Serikat dalam dua pekan terakhir dan diikuti oleh California.

California, Texas dan Florida, tiga negara bagian AS terpadat, telah mencatat infeksi virus corona terbanyak dan telah lama melampaui negara bagian New York, yang merupakan pusat penyebaran pada awal tahun 2020. Negara ini secara keseluruhan melaporkan 40.000 infeksi baru rata-rata setiap hari.

Saat melawan gelombang kedua infeksi, AS melaporkan peningkatan 17 persen dalam jumlah kasus baru pekan lalu dibandingkan dengan tujuh hari sebelumnya, dengan kematian rata-rata meningkat tujuh persen pada hari terakhir, menurut analisis Reuters.

Enam dari setiap 10.000 penduduk di AS meninggal karena virus tersebut, menurut data Reuters, salah satu tingkat tertinggi di antara negara-negara maju. Brasil mengikuti Amerika Serikat dalam jumlah keseluruhan kematian akibat virus tersebut, dengan lebih dari 136.000 kematian. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home