Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:02 WIB | Minggu, 13 September 2020

China Berlakukan Pembatasan Baru pada Diplomat Amerika Serikat

Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Chengdu, China, yang diperintahkan untuk ditutup. (Foto: dok. Ist)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China mengumumkan pembatasan baru pada aktivitas diplomat Amerika Serikat yang bekerja di China daratan dan Hong Kong. Ini adalah tanggapan atas tindakan serupa yang dikenakan pada diplomat China di AS tahun lalu.

Dalam pernyataan yang diposting secara online pada Jumat (11/9) malam, juru bicara kementerian luar negeri mengatakan aturan tersebut akan berlaku untuk diplomat senior dan semua personel lainnya di Kedutaan Besar AS di Beijing dan konsulat di seluruh China.

Namun, juru bicara tersebut mengatakan bahwa China mendukung "pertukaran normal dan kerja sama antara semua sektor kedua negara," dan bahwa pembatasan dapat dicabut jika AS mencabut tindakan yang diberlakukan Oktober lalu.

"Sekali lagi kami mendesak pihak AS untuk segera memperbaiki kesalahannya dan mencabut pembatasan tidak masuk akal yang diberlakukan pada Kedutaan Besar China dan konsulat serta stafnya," kata juru bicara yang tidak disebutkan namanya itu. "China akan membuat tanggapan timbal balik atas tindakan AS."

Tidak ada detail yang diberikan tentang pembatasan baru. Diplomat AS sudah menghadapi pembatasan di bagian mana di China yang dapat mereka kunjungi, bahkan termasuk kampus. Aturan AS mewajibkan diplomat China untuk melaporkan perjalanan dan pertemuan yang dianggap sebagai upaya untuk mencegah campur tangan dalam komunitas China perantauan dan pelajar asing.

Konflik China-AS Meluas

Aturan baru-baru ini diperketat lebih lanjut dengan mewajibkan diplomat China tidak hanya memberi tahu Departemen Luar Negeri tentang rencana mereka untuk bepergian dan bertemu dengan akademisi atau pejabat pemerintah negara bagian dan lokal, tetapi juga terlebih dahulu mendapatkan izin untuk melakukannya.

AS berargumen bahwa China telah memberlakukan persyaratan yang sama pada diplomat Amerika. Namun Kedutaan Besar AS di Beijing mengatakan belum mengomentari peraturan baru tersebut.

Washington juga mengeluh tentang kurangnya akses timbal balik dalam akses ke media, mengatakan diplomat China dapat menyampaikan pandangan mereka ke seluruh media AS sementara perwakilan Amerika dijauhi oleh media pemerintah China.

Baru-baru ini, Departemen Luar Negeri AS memprotes penolakan surat kabar utama Partai Komunis, People’s Daily, untuk menerbitkan opini duta besar AS untuk China, Terry Branstad. Makalah tersebut menjawab bahwa artikel tersebut tidak memenuhi standar editorialnya.

Ketegangan China dan AS atas perdagangan, teknologi, dan banyak masalah lainnya semakin meluas ke bidang diplomasi dan media, dengan AS memerintahkan penutupan Konsulat China di Houston pada bulan Juli.

China menanggapi dengan memerintahkan penutupan Konsulat AS di kota Chengdu, pukulan ganda, karena peran kunci misi tersebut dalam memantau aktivitas di wilayah Tibet yang bergolak di Himalaya.

AS juga membatasi jumlah warga negara China yang bekerja untuk media pemerintah di AS, yang menyebabkan pengusiran efektif 60 reporter, dan telah mengurangi lama visa untuk orang lain dari satu tahun menjadi tiga bulan. Hal itu telah membawa tekanan baru pada media AS di China, dan Beijing telah menunda pembaruan kredensial untuk beberapa jurnalis mereka sambil menunggu tanggapan positif dari Washington. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home