Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 19:20 WIB | Kamis, 20 November 2014

Korea Utara Mengancam PBB dengan Uji Coba Nuklir

Korea Utara telah mengancam akan melakukan uji coba nuklir dalam menanggapi penyelidikan PBB atas pelanggaran hak asasi manusia di negara itu.
Resolusi PBB telah meningkatkan kemungkinan Kim Jong-un dan pemimpin Korea Utara lainnya diadili di ICC. (Foto: bbc.co.uk)

KOREA UTARA, SATUHARAPAN.COM - Kementrian Luar Negeri Korea Utara pada kamis, (20/11) menuduh Amerika Serikat sengaja merancang resolusi PBB untuk mengadakan penyelidikan itu.

Korea Utara sebelumnya melakukan uji coba nuklir pada tahun 2006, 2009, dan 2013.

Komite Hak Asasi Manusia (HAM) PBB pada Selasa, (18/11) telah mengesahkan resolusi yang menyerukan Dewan Keamanan untuk merujuk Korea Utara ke Pengadilan Pidana Internasional atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Pyongyang mengatakan resolusi itu didasarkan pada "kesaksian palsu" dari pengkhiant Korea Utara dan "fitnah terhadap Pyongyang".

Persetujuan resolusi itu adalah “Kematian provokasi politik“ oleh AS dan semacam ”Serangan.. yang membuat kita dapat lebih menahan diri dalam uji coba nuklir yang baru".

Ia menambahkan bahwa pencegahan militer "akan ditingkatkan tanpa batas" untuk jaga-jaga terhadap serangan AS.

Menanggapi tuduhan tersebut, seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan, “ Itu pasti akan menjadi musibah yang mengancam kondisi hak asasi manusia di Korea Utara”.

Ancaman ini datang seiring dirilisnya gambar satelit yang menunjukan adanya aktivitas di fasilitas nuklir Korea Utara. (bbc.co.uk)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home