Loading...
INDONESIA
Penulis: Tunggul Tauladan 16:39 WIB | Rabu, 14 Mei 2014

KPU Kota Yogyakarta Gencarkan Sosialisasi Pilpres 2014

Seorang warga melintas pada Selasa (13/5) di depan Gedung KPU Kota Yogyakarta yang beralamat di Jalan Magelang No. 41, Yogyakarta (Foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta kini sedang menggencarkan sosialisasi Pilpres 2014. Salah satu bentuk konkret sosialisasi Pilpres 2014 adalah upaya menggandeng camat di 14 kecamatan yang ada di wilayah Kota Yogyakarta.

“Para camat di 14 kecamatan yang tersebar di wilayah Kota Yogyakarta ini kami gandeng untuk mensosialisasikan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Upaya ini kami tempuh agar setiap warga negara yang di wilayah Kota Yogyakarta dan telah memiliki hak pilih dapat terjaring dalam Pilpres 2014. Mereka kami manfaatkan untuk bersosialisasi dalam berbagai pertemuan warga hingga di tingkat Rukun Tetangga (RT). Hal ini kami lakukan mengingat mereka dipandang lebih dekat dengan masyarakat,” ungkap Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budianto pada Selasa (13/5).

Salah satu catatan penting dalam Pileg 2014 adalah masih kurang maksimalnya upaya untuk menjaring pemilih di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa dari luar daerah. Oleh karena itu, KPU Kota Yogyakarta membidik para mahasiswa dari luar daerah sebagai sasaran sosialisasi. Cara yang ditempuh adalah mengintensifkan sosialisasi kepada mahasiswa dari luar daerah.

“Kami juga akan membuka pendaftaran di kampus-kampus. Kami akan keliling kampus-kampus untuk ‘jemput bola’. Hal ini merupakan upaya untuk menjaring lebih banyak pemilih lagi dalam Pilpres 2014 dibandingkan dengan Pileg 2014,” tambah Wawan.

Upaya lain yang ditempuh KPU Kota Yogyakarta untuk mensosialisasikan Pilpres 2014 adalah mengajak warga untuk berperan serta secara aktif. Cara yang dilakukan adalah mensosialisasikan DPS ke masyarakat.

“Saat ini, kami sedang melakukan pemutakhiran DPS hingga tanggal 17 Mei 2014. Selanjutnya antara 20-26 Mei 2014, kami akan mensosialisasikan DPS dan menjaring tanggapan dari masyarakat. Di sinilah kami berharap peran serta aktif dari masyarakat di mana mereka bisa melihat apakah namanya sudah tercantum dalam DPS atau belum. Langkah ini sangat krusial karena sangat menentukan jumlah pemilih dalam Pilpres 2014,” lanjut Wawan.

Dari data KPU Kota Yogyakarta, saat ini jumlah pemilih di Kota Yogyakarta yang telah tercatat dalam DPS sebanyak 304.437 pemilih. Jumlah tersebut bertambah menjadi 307.128 pemilih sehubungan dengan adanya Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah dengan adanya pemutakhiran data mahasiswa yang berdomisili di Yogyakarta.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home