Loading...
DUNIA
Penulis: Wiwin Wirwidya Hendra 07:57 WIB | Selasa, 23 April 2013

Kroasia, dari Terisolasi Menjadi Anggota Uni Eropa

Keindahan Pelabuhan Rovenska yang dimiliki Kroasia.

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM - 1 Juli 2013 mendatang akan menjadi hari bersejarah bagi Kroasia, karena perjuangan selama 12 tahun 4 bulan lamanya telah membuahkan hasil.

Seperti dilansir dari BBC, Kroasia, yang merupakan pecahan dari Yugoslavia, telah mendapatkan persetujuan dari Uni Eropa setelah Negara republik ini berhasil menyelesaikan berbagai persoalan di bidang ekonomi dengan penyelesaian utang negara, bidang politik, bidang hukum, industri perkapalan, dan memperketat pengawasan perbatasan.

Negara dengan bendera bergambar 12 bintang ini akan menjadi negara anggota Uni Eropa yang ke-28, dan saat ini sudah ada 22 negara yang menyetujui Kroasia menjadi bagian resmi dari Uni Eropa. Kesepakatan dari lima negara lainnya diharapkan menyusul segera sebelum tanggal 1 Juli mendatang.

Presiden Dewan Eropa, HermanVan Rompuy mengatakan, "Sikap Kroasia adalah bukti nyata kerja keras, ketekunan, dan juga keberanian politik, yang dapat menjadi contohbagi negara-negara Balkan lainnya," tuturnya seusai acara Konferensi Tingkat Tinggi Dewan Eropa di markas besar Dewan Eropa di Brussels, Jerman.

Ia juga menambahkan bahwa lembaganya akan berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada negara-negara Balkan khususnya dalam hal kemajuan perekonomian.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home