Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 16:02 WIB | Selasa, 30 Juni 2015

Kronologi Jatuhnya Pesawat Hercules di Medan

Pesawat Hercules A1310 TNI AU jenis C-130 yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Sumatera Utara, Selasa (30/6), pukul 11.48 WIB. (Foto: Antara)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM – Pesawat Hercules A1310 TNI AU jenis C-130 jatuh di Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Sumatera Utara, Selasa (30/6), pukul 11.48 WIB. Pesawat jatuh setelah dua menit lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Medan.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI AU Mayor Jenderal Fuad Basya mengatakan pesawat membawa logistik menuju Tanjung Pinang dan Natuna, Kepulauan Riau. Dilaporkan ada 12 orang berada di dalam pesawat.

"Ada 12 orang namun belum diketahui kondisinya," kata Fuad Basya seperti dikutip metrotvnews.com, Selasa (30/6).

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Agus Supriatna juga membenarkan hal tersebut. Dia menjelaskan kronologi jatuhnya Pesawat Hercules A1310 TNI AU jenis C-130.

Pukul 11.48 WIB

- Pesawat take off dari runway 23 Suwondo, kemudian saat akan ditransfer ke Medan APP, pilot request RTB

Pukul 11.50 WIB

- Pesawat berbelok ke kanan dan crashed di Pancur Batu sebelum kontak dengan medan APP

Pesawat ini diketahui sedang melakukan penerbangan militer. Pesawat ini hendak terbang ke Pangkal Pinang. Pesawat jatuh menimpa rumah, hotel, dan ruko.

Menurut sementara Agus, penyebab jatuhnya pesawat Hercules di permukiman penduduk di Jalan Djamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, ada dua.  Pertama, saat belok kurang kecepatan, sehingga terjadi masalah, sedangkan yang kedua mengalami kerusakan.

“Kira-kira seperti itu, setiap pesawat Hercules trouble after take off pasti ada sesuatu yang rusak,” ujar Agus seperti dikutip dari detik.com, Selasa (30/6)

Meski demikian, dia melanjutkan, pihaknya masih menunggu penyelidikan untuk menyimpulkan peristiwa kecelakaan itu. Hercules itu diketahui buatan tahun 1964. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home