Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 14:32 WIB | Minggu, 26 Juni 2016

Led Zeppelin Bebas dari Tuduhan Plagiarisme

Led Zeppelin, dari kiri, John Paul Jones, Robert Plant dan Jimmy Page. (Foto: Dok VOA)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM - Grup rock legendaris Led Zeppelin tidak melanggar hak cipta dalam salah satu lagunya yang paling terkenal, Stairway to Heaven, menurut juri federal di Los Angeles, dalam berita yang dilansir VOA, 24 Juni.

Grup band asal Inggris tersebut dituduh mencontek bagian pembuka lagu klasik sepanjang delapan menit itu dari sebuah lagu berjudul Taurus, milik band Amerika, Spirit.

Stairway to Heaven dirilis tahun 1971, namun Michael Skidmore, wali untuk almarhum gitaris Spirit, Randy Wolfe, mengatakan Wolfe seharusnya mendapat pengakuan atas lagu tersebut. Para penggugat juga menuntut ganti rugi US$40 juta.

Namun, pada hari Kamis (23/6), seperti diberitakan voaindonesia.com, juri yang berjumlah delapan orang sepakat, bahkan jika Led Zeppeling memiliki akses terhadap Taurus, kedua lagu tersebut tidak mirip secara ekstrinsik.

Bahkan, para ahli musik bersaksi kedua lagu menggunakan konvensi musikal yang disebut progresi deret turun empat kord kromatik, yang juga terdapat dalam musik antara lain seperti The Beatles.

Pendiri Led Zeppelin, gitaris Jimmy Page dan vokalis Robert Plant, mengklaim mereka menulis lagu itu di sebuah vila di Wales, namun Skidmore mengatakan keduanya menulis lagu tersebut setelah mendengar lagu Taurus oleh Spirit ketika grup band-grup band itu diduga tur bersama.

Page dan Plant hadir saat juri mengumumkan keputusan mereka.

"Kami bersyukur atas ketelitian juri dan senang dengan keputusan yang berpihak kepada kami, menghapus semua pertanyaan mengenai asal muasal Stairway to Heaven dan mengukuhkan apa yang telah kita ketahui selama 45 tahun. Kami menghargai dukungan para penggemar, dan kami tak sabar menutup masalah hukum ini," ujar Page dan Plant setelah vonis dijatuhkan.

Berita sebelumnya menyebutkan, keseriusan Page dan Plant menghadapi tuduhan plagiat atas lagu terkenal mereka, Stairway to Heaven, dibuktikan dengan memilih pengacara terkenal di dunia hiburan, Helene Freeman, untuk mewakili mereka.  

Freeman, yang memenangkan serangkaian perkara untuk mantan anggota boy band ‘N Sync, Justin Timberlake, seperti diberitakan contactmusic.com, setuju menandatangani kontrak untuk membela Jimmy Page, Robert Plant, dan John Paul Jones, anggota Led Zeppelin tersisa, atas klaim pelanggaran hak cipta tersebut.

Led Zeppelin adalah grup rock band asal Inggris, beranggotakan Jimmy Page (gitar), Robert Plant (vokalis), John Paul Jones (bas dan keyboard), dan John Bonham (drum).  Kelompok musik yang dibentuk di London pada 1968 itu menyatakan diri bubar pada 1980 setelah meninggalnya Bonham. Namun, mereka beberapa kali mengadakan reuni, pada 1985, 1988, 1995, 2007.

Pada 2005, Led Zeppelin menerima Grammy  Lifetime Achievement Award. Lembaga bergengsi Kennedy Center memberikan penghargaan pada 2012.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home