Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 07:52 WIB | Kamis, 31 Maret 2016

Leonardo DiCaprio Dukung Penyelamatan Leuser Aceh

Leonardo DiCaprio bersama aktivis HAKA di hutan Leuser, Aceh. (Foto: bbc.com/EPA)

BANDA ACEH, SATUHARAPAN.COM - Aktor dan pegiat lingkungan Leonardo DiCaprio menyatakan dukungannya untuk membentuk kawasan perlindungan di kawasan ekosistem Leuser Aceh, yang mengancam satwa yang terancam punah.

DiCaprio, seperti diberitakan bbc.com, yang memenangkan Piala Oscar untuk filmnya, The Revenant, berkunjung ke Leuseur akhir pekan lalu dan menyatakan dukungannya untuk "menyelamatkan Ekosistem Leuser" melalui akun Twitternya.

Sementara itu aktivis lingkungan dari Yayasan Hutan, Alam dan Lingkungan Aceh (HAKA) menyatakan bintang Holywood yang juga meraih Penghargaan Golden Globe melalui perannya dalam film yang sama itu, mendukung organisasi-organisasi di Aceh membentuk kawasan perlindungan fauna di kawasan itu.

"Yayasan Leonardo DiCaprio mendukung organisasi di Aceh untuk membentuk perlindungan fauna besar di kawasan Ekosistem Leuser, ‘tempat yang tersisa di muka Bumi di mana orang utan, harimau, badak dan gajah Sumatera hidup di alam liar dalam satu habitat," tulis HAKA melalui akun Facebooknya.

HAKA menyebutkan kawasan Ekosistem Leuser Aceh termasuk salah satu habitat terbaik dunia yang masih tersisa untuk gajah Sumatera yang sangat terancam.

Koridor Kuno Gajah

"Koridor migrasi kuno gajah ini masih dipakai oleh sejumlah gajah liar Sumatera," menurut HAKA.

Sejumlah komentar melalui akun Facebook organisasi lingkungan itu termasuk dari Jo Ja Nadge menyebutkan, "Gajah-gajah itu binatang yang mengagumkan. Bagaimana kami bisa bantu?" dan Nicole Pollak yang menulis, "Kita perlu lagi orang baik lagi di dunia ini, @Leonardodicaprio."

Namun, perluasan perkebunan kelapa sawit memutus koridor gajah sehingga sulit bagi binatang yang dilindungi ini mencari makan dan air.

DiCaprio melalui akun Twitter - yang di-retweet lebih dari 5.600 kali- juga menyatakan dukungan atas langkah perlindungan melalui petisi kepada Presiden Joko Widodo melalui organisasi change.org.

Melalui petisi yang ditandatangani lebih dari 7.000 orang itu, Dahlan, yang mengajukan petisi, menulis, "Leuser sebagai simbol kesejahteraan rakyat Aceh menghadapi ancaman besar."

"Jalan dibangun melalui hutan, aktivitas tambang berlangsung di gunung-gunung. Izin perkebunan untuk ribuan hektare lahan dikeluarkan dengan mudah. Hutan yang juga merupakan tempat tinggal warga selama bergenerasi rusak," tulis Dahlan. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home