Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:57 WIB | Selasa, 25 September 2018

Lomba Foto Satwa Liar Kebanggaan Indonesia

Ilustrasi. Harimau sumatera (Panthera tigris-sumatrae). (Foto: Wild Sumatra)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan Sumatran Tiger mengadakan lomba foto yang digelar dalam rangka Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, yang dirayakan setiap tanggal 5 November.

Lomba foto itu bertema “Satwa Liar Kebanggaan Indonesia”, seperti dilansir situs resmi menlhk.go.id, terutama ditujukan bagi Sobat Hijau yang senang menjelajah alam, WNI yang berdomisili di Indonesia dan memiliki kartu identitas. Keanekaragaman hayati Nusantara telah diakui dunia sebagai salah satu yang tertinggi. Berbagai pihak baik pemerintah, lembaga, swasta, sampai perorangan, terus berupaya melestarikannya dengan cara masing-masing. Kesadaran akan kekayaan alam inilah yang perlu terus digaungkan untuk memupuk rasa bangga bagi masyarakat umum.

Pemenang pertama lomba meraih hadiah utama paket wisata ke Tangkahan, Taman Nasional Gunung Leuser, buku Wallace Living Legacy karya Riza Marlon, buku Tujuh Taman Nasional Laut, dan buku 54 taman nasional. Di samping itu, tersedia pula hadiah bagi 15 juara harapan, 10 juara terfavorit juri, dan 20 pengirim pertama melalui surat elektronik (surel, email, Red).

Periode lomba 18 September – 28 Oktober 2018. Foto diunggah di Instagram dilengkapi keterangan foto minimal tiga kalimat termasuk tempat pengambilan foto. Peserta lomba diingatkan untuk tidak lupa tag dan mention akun @KementerianLHK  @SumatranTiger_ID@konservasi_ksdae, serta menyertakan tagar #SatwaLiarKebanggaanIndonesia#SumatranTiger #KLHK #KSDAE.

Masing-masing peserta dapat mengikutsertakan sepuluh foto, yang merupakan karya lima tahun terakhir, belum pernah menang dalam lomba foto lain dan belum pernah dipublikasikan secara komersial.

Olah digital hanya diperkenankan sebatas cropping exposure, brightness, contrast, sharpness, saturation.

Tidak ada pungutan biaya apa pun bagi peserta. Kompetisi tidak berlaku bagi staf Proyek GEF-Sumatran Tiger.

Penjurian dilaksanakan 29 Oktober – 2 November 2018. Pengumuman pemenang dilaksanakan 5 November, bersamaan dengan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa melalui akun Instagram @kementerianlhk @SumatranTiger_ID @konservasi_ksdae.

Keterangan lebih lengkap dapat disimak di situs resmi menlhk.go.id.

Editor : Sotyati

Back to Home