Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 19:32 WIB | Jumat, 25 November 2016

Ma'ruf: Tugas MPR Sosialisasikan Empat Pilar ke Masyarakat

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang tengah. (Foto: Endang Saputra)

BANYUWANGI, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono mengatakan bahwa tugas MPR adalah mensosialisasikan Empat Pilar MPR kepada masyarakat.

Menurutnya Empat Pilar ini sangat penting karena menyangkut ideologi negara. Selain itu MPR juga memiliki tugas mengkaji sistem ketatanegaraan dan menyerap aspirasi masyarakat. MPR juga membangun karakter bangsa.

“Publikasi ini merupakan edukasi politik dan demokrasi kepada masyarakat," kata Ma'ruf di sela-sela sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Bayuwangi, Jawa Timur, hari Jumat (25/11).

Ma'ruf juga berharap terus bekerja sama dengan koordinatoriat wartawan parlemen dalam mensosialisasikan Empat Pilar tersebut

“Kerja sama ini tidak lepas untuk mengawal publikasi di MPR sebagai bagian dari edukasi kepada publik. Media sebagai pilar demokrasi harus terus kita jaga kualitas dan tanggung jawab kepada masyarakat,” kata dia.

Sementara itu Ketua Kordinatoriat Wartawan Parlemen, Romdoni Setiawan menyebutkan terpilih sebagai ketua dalam pemilihan yang berlangsung demokratis.

“Proses pemilihan berlangsung dinamis.Tapi kita tetap berangkulan. Kemitraan dan persatuan tetap kita jaga," katanya.

Romdoni menegaskan akan tetap mendukung publikasi. "Kita juga akan melakukan perubahan di press room dalam isu dan wacana. Press room akan melindungi MPR, DPR, dan DPD,” kata dia.

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang mengingatkan pers berperan penting karena  bisa mempengaruhi kebjiakan. Bahkan masyarakat lebih percaya kepada pers daripada partai politik. Karena itu pers diharapkan elegan, sportif, dan bisa menjaga organisasinya.

Menurut Oesman, perbedaan pendapat merupakan sesuatu yang wajar apalagi menjelang pemilihan kepala daerah. Pers menjadi kunci karena bisa mempengaruhi kebijakan.

"Masyarakat lebih percaya kepada pers daripada partai politik walaupun terkadang apa yang ditulis pers suka salah. Tapi masyarakat suka," katanya.

Karena itu, kata Oesman Sapta, pers harus elegan dan sportif serta mengetahui bagaimana menjaga organisasinya. Secara khusus harapan ini disampaikan kepada wartawan parlemen (MPR, DPR, dan DPD).

Untuk publikasi MPR, Oesman Sapta juga berharap wartawan parlemen bisa menjaga kewibawaan MPR.

"Berita tentang MPR harus solid. Wartawan parlemen harus menjaga kewibawaan MPR. Jangan malah menyerang MPR,” kata dia.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home