Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:14 WIB | Selasa, 11 Agustus 2015

Membuat Makan Siang yang Sehat

Iluistrasi: makan siang anak, dengan makanan yang sehat dan rendah garam (Foto: cdc.gov)

ATLANTA, SATUHARAPAN.COM - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dalam laporannya menyatakan menemukan sekitar 90 persen dari anak usia sekolah di Amerika telah mengkonsumsi terlalu banyak natrium (garam) setiap hari. Dalam sebuah pernyataan, CDC juga menemukan satu dari sembilan anak-anak usia 8-17 memiliki tekanan darah yang terlalu tinggi, berisiko mengalami penyakit jantung.

Untuk itu diperlukan diet sehat, rendah natrium, yang dapat memiliki efek penting pada tekanan darah dan kesehatan jantung anak di kemudian hari.

Salah satu cara untuk mengurangi jumlah garam dalam kotak makan anak yaitu dengan memilih makanan rendah garam, seperti ayam panggang atau daging tanpa lemak, buah-buahan segar dan sayuran sebagai makanan ringan.

Beberapa tip untuk membantu mengatasi makanan yang tinggi garam:  

Mengidentifikasi makanan, memilih makanan yang rendah natrium, dengan selalu membaca label nutrisi, dan membandingkan jumlah natrium dalam produk serupa, misalnya, beberapa jenis roti dapat bervariasi 80-230 mg sodium per lembar, roti gandum atau biskuit, kacang dan mentega almond, ikan tuna kaleng, dan untuk camilan sehat, buah-buahan segar dan sayuran, seperti sekotak kecil wortel, kacang polong salju, atau tomat anggur.

Mendorong anak untuk terlibat dalam mempersiapkan bekal makan siangnya, dan mendiskusikan dengan anak makanan sehat dan rendah natrium, misalnya dengan membuat sandwich roti gandum atau bagel, tortilla, mencoba sandwich atau burger vegetarian.

Dengan memilih makananan yang lebih rendah natrium pada siang sekolah untuk anak-anak, dapat menciptakan dan mengembangkan hidup yang sehat, dan membiasakan makan rendah garam sepanjang hidup mereka agar membantu meningkatkan kesehatan jantung. (cdc.gov)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home