Google+
Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yoel M Indrasmoro 08:02 WIB | Sabtu, 20 Juli 2019

Meminta Izin

Seandainya Marta meminta izin terlebih dahulu!
Marta, Maria, dan Yesus (foto: istimewa),

SATUHARAPAN.COM – Baik Abraham maupun Marta sama-sama kedatangan tamu. Mereka juga sama-sama sibuk menyiapkan jamuan bagi tamu mereka. Apakah yang membedakan keduanya?

Abraham dan Marta sibuk menyiapkan jamuan. Mereka tahu, tamu-tamu mereka adalah pribadi-pribadi yang siginifikan (penting dan bermakna) dalam kehidupan mereka. Baik Abrahan maupun Marta juga merasakan bahwa mereka pun merupakan pribadi yang siginifikan bagi tamu-tamu mereka. Buktinya, tamu-tamu itu berkenan berkunjung. Sekali lagi, apa yang membedakan keduanya?

Agaknya, yang membedakan mereka berdua adalah Abraham meminta izin terlebih dahulu kepada tamunya. Perhatikan kata-kata Abraham: ”Tuanku, jika aku telah mendapat kasih tuanku, janganlah kiranya lampaui hambamu ini. Biarlah diambil air sedikit, basuhlah kakimu dan duduklah beristirahat di bawah pohon ini; biarlah kuambil sepotong roti, supaya tuan-tuan segar kembali; kemudian bolehlah tuan-tuan meneruskan perjalanannya; sebab tuan-tuan telah datang ke tempat hambamu ini” (Kej. 18:3-5). Sedangkan Marta kelihatannya tak meminta izin terlebih dahulu dan langsung menyiapkan ini dan itu. Lukas mencatat: ”Marta sibuk sekali melayani” (Luk. 10:40).

Apa makna meminta izin di sini? Meminta izin mengandaikan bahwa kita sungguh menghormati tamu tersebut. Bisa jadi tamu tersebut tak punya cukup banyak waktu saat mampir ke rumah kita. Sehingga dia ingin mengisi waktu yang pendek itu dengan sebaik-baiknya. Yang pasti, meminta izin merupakan salah satu cara dalam menghormati tamu! Dan meminta izin berarti pula mendengarkan sang tamu.

Sayangnya itulah yang tidak dilakukan Marta! Sehingga dia tak begitu tahu maksud dari kedatangan Sang Guru. Dan karena tak tahu maksud Yesus sebenarnya, dia menjadi begitu cemburu, bahkan marah, ketika menyaksikan Maria asyik mendengarkan ajaran Yesus. Seandainya Marta meminta izin terlebih dahulu, mungkin Sang Guru akan menyuruhnya duduk seperti Maria.

Seandainya Marta meminta izin terlebih dahulu!

Editor : Yoel M Indrasmoro

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home