Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 05:26 WIB | Selasa, 24 Juni 2014

Menang 4-1, Samba Brasil Melenggang Sebagai Juara Grup

Menang 4-1, Samba Brasil Melenggang Sebagai Juara Grup
David Luiz cs saat merayakan gol yang tercipta. Brasil menang 4-1 atas Kamerun dan lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014 sebagai juara Grup A. (Foto: fifa.com)
Menang 4-1, Samba Brasil Melenggang Sebagai Juara Grup
Neymar sukes bermain gemilang, saat Brasil menumbangkan Kamerun 4-1. Ia menyumbangkan dua gol. (Foto: fifa.com)
Menang 4-1, Samba Brasil Melenggang Sebagai Juara Grup
Bagan fase gugur Piala Dunia 2014. (Foto: dok satuharapan.com)

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM – Tim nasional Brasil sukses melenggang ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014 dengan status juara Grup A. Hasil ini dipastikan setelah tim berjuluk samba itu menghentikan perlawanan Kamerun dengan skor 4-1, dalam laga yang tersaji di Estadio Nacional de Brasilia, Brasilia, Selasa (24/6) dinihari WIB. Brasil akan melaju ke babak selanjutnya bersama Meksiko, yang sukses memukul Kroasia 3-1.

Bermain beringas dan memburu gol cepat sejak awal laga, Brasil baru memperoleh buahnya saat pertandingan memasuki menit 17. Berawal dari kesalahan Nkoulou dalam mengoper, bola justru jatuh ke kaki Luiz Gustavo. Dengan cepat pemain Wolfsburg itu melepas umpan, dan Neymar yang telah menanti di kotak penalti dengan tenang melesakan bola tersebut ke dalam gawang Itandje. 1-0 Brasil unggul.

Kamerun yang tidak ingin dipermalukan begitu saja, berhasil berhasil mencetak gol di menit 26. Memanfaatkan umpan Nyom di bibir gawang, Matip membawa lions indomptables menyamakan kedudukan jadi 1-1.

Tapi Brasil tidak tinggal diam, sembilan menit kemudian, Neymar mengukir gol keempatnya di Piala Dunia 2014. Penjaga gawang Kamerun salah menebak arah bola sepakan keras Neymar yang mengarah telak ke gawangnya. Brasil kembali memimpin 2-1.

Hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol tambahan, meski beberapa peluang sempat menghiasi hingga menit 45. Namun kesigapan pertahanan Brasil yang digalang David Luiz dan Thiago Silva, berhasil menghalau serangan yang dibangun Nyom cs. Di sisi Kamerun, Itandje berulang kali dipaksa jatuh bangun mempertahankan gawangnya.

Brasil Semakin Ganas

Usai turun minum, Brasil mengganas bak tim yang tengah haus akan gol. Dalam beberapa kesempatan di awal babak kedua, bek tengah mereka, Thiago Silva dan David Luiz, acap kali muncul di kotak penalti Kamerun.

Tak perlu menunggu lama,, penyerang nan dinanti-nanti torehan golnya, Fred, berhasil merobek jala gawang Itandje di menit 49. Umpan silang David Luiz disambutnya dengan tandukan keras yang mematikan kiper Kamerun itu untuk ketiga kalinya. Brasil unggul 3-1.

Belum puas dengan selisih dua gol, tim besutan Luiz Felipe Scolari kembali menambah gol saat laga menunjukkan menit 84. Gelandang Manchester City, Fernandinho, dengan tenang menuntaskan bola hasil kerjasama Fred dan Oscar dengan sepakan ke pojok kanan gawang Kamerun. 4-1 selecao unggul.

Hasil ini bertahan hingga wasit asal Swedia, Jonas Eriksson, menutup jalannya pertandingan, sekaligus memulangkan Kamerun dari pentas Piala Dunia 2014.

Sementara itu, di partai Grup A lainnya, yang berlangsung di Stadion Itaipava Arena Pernambuco, Recife, Meksiko berhasil memukul Kroasia 3-1. Gol-gol Meksiko lahir dari kaki Marquez (menit 72), Guardado (menit 75), dan J. Hernandez (menit 82), sedangkan Kroasia membalas lewat Perisic (menit 87).

Hasil ini membawa Brasil menempati peringkat pertama Grup A Piala Dunia 2014, diikuti Meksiko di peringkat kedua. Meskipun jumlah poin kedua tim sama yakni tujuh, namun Brasil unggul dalam produktivitas gol. Sebagai juara Grup A, Brasil akan bertemu dengan Cile, sedangkan Meksiko nan berstatus runner up, akan berhadapan dengan peringkat satu Grup B, Belanda.

Susunan Pemain (Kamerun vs Brasil)

Kamerun (4-5-1): Itandje (penjaga gawang), Nkoulou, Nguemo, Moukandjo (’58 Salli), Aboubakar (’72 Webo), Bedimo, Choupo Moting (’81 Makoun), Mbia, Enoh, Matip, Nyom

Cadangan: Ndjock (penjaga gawang), Feudjou (penjaga gawang), Assou-Ekotto, Djeugoue, Nounkeu, Eto'o, Chedjou, Olinga

Pelatih: Volker Finke (Jerman)

Brasil (4-3-3): Julio Cesar (penjaga gawang), Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo, Hulk (’63 Ramires), Paulinho (’46 Fernandinho), Fred, Neymar (’71 Willian), Oscar, Luiz Gustavo

Cadangan: Jefferson (penjaga gawang), Victor (penjaga gawang), Dante, Maxwell, Henrique, Hernanes, Bernard, Jo, Maicon

Pelatih: Luiz Felipe Scolari (Brasil)

Wasit: Jonas Eriksson (Swedia)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home