Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 04:20 WIB | Minggu, 22 Juni 2014

Ghana Imbangi Jerman 2-2 di Perang Boateng Bersaudara

Ghana Imbangi Jerman 2-2 di Perang Boateng Bersaudara
Jerome Boateng (kaos putih) saat bersalaman dengan kakaknya, Kevin-Prince Boateng (jaket merah), jelang laga yang mempertemukan Jerman dengan Ghana. (Foto: fifa.com)
Ghana Imbangi Jerman 2-2 di Perang Boateng Bersaudara
Miroslav Klose membuat Jerman bermain sama kuat 2-2 lewat golnya di menit 69. (Foto: bbc.co.uk)

FORTALEZA, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Ghana berhasil menahan tim nasional Jerman dalam pertandingan kedua di Piala Dunia 2014, dengan skor 2-2. Laga yang tersaji dari Stadion Governador Placido Aderaldo Castelo, Fortaleza, Brasil, pada (Minggu (22/6) dinihari WIB itu, jadi pertemuan dua pemain kakak beradik beda negara, Jerome Boateng dan Kevin-Prince Boateng. Hasilnya, kakak beradik itu harus puas berbagi angka satu.

Aksi jual beli serangan diperagakan oleh kedua kesebelasan sejak awal pertandingan. Namun hingga turun minum, baik Jerman ataupun Ghana belum mampu mencetak sebiji gol pun. Setiap serangan yang mereka bangun masih mampu dihalau oleh lini pertahanan kedua tim. Kegemilangan penjaga gawang Jerman, Neuer, dan kiper Ghana, Dauda, turut menjadi faktor laga berakhir 0-0 di babak pertama.

Boateng Bersaudara Ditarik

Perang Boateng bersaudara ternyata harus berakhir sebelum pertandingan ditutup oleh wasit asal Brasil, Sandro Ricci. Karena, saat memasuki babak kedua, Jerome digantikan Mustafi. Selang tujuh menit kemudian, giliran sang kakak, Kevin-Prince yang ditarik pelatihnya. Pemain Schalke 04 itu digantikan Jordan Ayew.

Ketangguhan Dauda dibawah mistar akhirnya roboh, saat laga memasuki menit 51. Gotze sukses memanfaatkan umpan dari sisi kanan pertahanan Ghana dengan sundulan yang tidak mampu diantisipasi penjaga gawang Ghana tersebut. 1-0 Jerman unggul.

Namun, keunggulan tersebut tidak bertahan lama. Umpan dari Afful langsung disambut Andre Ayew dengan tandukkan kepala yang merubah arah bola ke pojok kanan gawang Jerman. Neuer tidak mampu menjangkau, Ghana menyamakan kedudukan 1-1.

Menit 63, Ghana berbalik unggul saat Gyan Asamoah terlepas dari perangkap off-side lini belakang der panzer. Sepakan keras pemain klub Al Ain ke sisi kiri gawang Jerman itu merubah papan skor menjadi 1-2, untuk keunggulan sang wakil Afrika.

Penyerang veteran Jerman yang baru masuk di babak kedua, Klose, berhasil membawa Jerman menyamakan kedudukan di menit 71. Lepas dari pengawalan, pemain berusia 36 tahun ini sukses meneruskan umpan sundulan Howedes. Skor menjadi sama kuat 2-2.

Skor tersebut bertahan hingga Sandro Ricci meniup pluit panjang, tanda pertandingan berakhir.

Dengan hasil tersebut, der pazer masih memimpin Grup G Piala Dunia 2014, dengan perolehan empat poin. Sedangkan bagi Ghana, tambahan satu poin ini tidak merubah posisi mereka, wakil benua Afrika itu tetap menghuni peringkat ketiga klasemen sementara.

Susunan Pemain (Jerman vs Ghana)

Jerman (4-1-4-1): Neuer (penjaga gawang), Mertesacker, Jerome Boateng (’46 Mustafi), Howedes, Hummels, Lahm, Ozil, Khedira (’70 Schweinsteiger), Kroos, Gotze (’69 Klose), Mueller

Cadangan: Zieler (penjaga gawang), Weidenfeller (penjaga gawang), Grosskreutz, Ginter, Schurrle, Podolski, Draxler, Durm, Kramer

Pelatih: Joachim Loew

Ghana (4-3-3): Dauda (penjaga gawang), Afful, Boye, Mensah, Muntari, Kevin-Prince Boateng (’52 Jordan Ayew), Asamoah, Rabiu (’78 Agyemang-Badu), Gyan, Andre Ayew, Atsu (’72 Wakaso)

Cadangan: Kwarasey (penjaga gawang), Adams (penjaga gawang), Inkoom, Sumaila, Opare, Acquah, Waris, Adomah, Essien

Pelatih: Kwesi Appiah (Ghana)

Wasit: Sandro Ricci (Brasil)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home