Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 01:08 WIB | Selasa, 24 Juni 2014

Spanyol Mudik Dengan Kemenangan 3-0 atas Australia

Gol spektakuler David Villa dengan back heel ini membuka kemenangan Spanyol atas Australia. (Foto: fifa.com)

CURITIBA, SATUHARAPAN.COM –  Dua kesebelasan yang telah keluar dari jalur perburuan trofi Piala Dunia 2014, Australia dan Spanyol, bertemu dalam pertandingan penutup Grup B. Hasilnya, pasukan matador mudik ke negara asalnya dengan torehan tiga poin, hasil kemenangan atas tim Negeri Kanguru 3-0, di Estadio Joaquim Americo Guimaraes, Curitiba, Selasa (24/6) dinihari WIB.

Gol pertama Spanyol lahir saat laga memasuki menit 36. Umpan silang Juanfran dari sisi kiri pertahanan Australia, disambut pemain New York City FC,  David Villa, dengan tendangan back heel yang tak mampu dijangkau penjaga gawang Socceroos, Ryan. Gol ke 59 Villa bersama tim nasional Spanyol itu merubah kedudukan menjadi 1-0.

Di babak kedua, Australia mencoba menggempur pertahanan La Furia Roja dari kedua sayapnya, namun pertahanan Spanyol nan digalang Sergio Ramos cs masih terlalu tangguh untuk ditembus sang wakil Zona Asia tersebut.

Saat waktu menunjukkan menit 69, penyerang sarat pengalaman, Fernando Torres, sukses memperlebar keunggulan Spanyol. Berawal dari Iniesta yang melepas umpan terobosan ke dalam kotak penalti, Torres dengan tenang menaklukkan Ryan dengan menceploskan bola melewati sela kaki sang kiper. 2-0 Spanyol memimpin.

Pemain yang baru masuk di babak kedua, Mata, tidak ketinggalan menyumbang gol bagi Spanyol. Menerima umpan silang Fabregas di menit 82, gelandang Manchester United itu berhasil lepas dari perangkap off side dan memaksa Ryan kembali memungut bola dari gawangnya. Spanyol unggul 3-0.

Hingga wasit asal Bahrain, Nawaf Shukralla menutup 90 menit jalannya pertandingan, tidak ada lagi gol tercipta. Spanyol mengakhiri Piala Dunia 2014 dengan menempati posisi ketiga dengan raihan tiga poin, sementara Australia menghuni dasar klasemen Grup B, hasil tiga kekalahan nan mereka telan.

Sementara itu, pada pertandingan Grup B lainnya, Belanda berhasil menaklukan Cile 2-0, lewat gol Fer pada menit 77 dan Depay kala laga memasuki menit 90. Hasil yang tersaji dari Arena Corinthians, Sao Paulo, tersebut mengantar Belanda melaju ke babak 16 Besar dengan status juara grup, sementara Cile menempati posisi runner up.

Susunan Pemain (Australia vs Spanyol)

Australia (4-3-2-1): Ryan (penjaga gawang), Davidson, Spiranovic, Leckie, Taggart (’46 Halloran), Oar (’61 Troisi), Bozanic (’72 Bresciano), Jedinak, McKay, McGowan, Wilkinson

Cadangan: Galekovic (penjaga gawang), Langerak (penjaga gawang), Milligan, Wright, Holland, Vidosic, Luongo

Pelatih: Ange Postecoglou (Australia)

Spanyol (4-3-3): Reina (penjaga gawang), Juanfran, Sergio Ramos, Albiol, Alba, Alonso (’84 David Silva), Cazorla (’68 Fabregas), Koke, Iniesta, Torres, Villa (’57 Mata)

Cadangan: Casillas (penjaga gawang), De Gea (penjaga gawang), Pique, Javi Martinez, Xavi, Pedro, Busquets, Diego Costa, Azpilicueta

Pelatih: Vicente Del Bosque (Spanyol)

Wasit: Nawaf Shukralla (Bahrain)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home