Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yoel M Indrasmoro 08:17 WIB | Sabtu, 20 Mei 2017

Mengasihi Berarti Menaati

Roh Kudus akan menolong kita.
Roh Kudus Penolong Kita (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – ”Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku" (Yoh. 14:15). Kalimat ini sungguh wajar dan logis. Apa lagi bagi yang sedang jatuh cinta. Biasanya orang akan melakukan apa saja bagi kekasihnya. Yang penting hati pasangannya senang. Dan semuanya didasari cinta.

Kasih jugalah yang seharusnya menjadi modal setiap Kristen, pengikut Kristus. Berdasarkan kasih, maka hal yang tersulit pun biasanya dijalani dengan setia. Hal menuruti kehendak Tuhan sejatinya memang harus berdasarkan kasih. Jika tidak, maka kita tak ubahnya budak! Jika tidak didasari kasih, maka yang ada hanyalah setumpukan beban kerja yang harus dijalani tanpa protes. Dan yang akan keluar dari mulut hanyalah serangkaian keluhan, bisa jadi malah gerutuan.

Kasih kepada Allah akan membawa kita kepada kepatuhan. Kasih akan membawa kita untuk menjalani semua tugas yang dibebankan kepada kita dengan setia. Sebagaimana Yesus, karena kasih-Nya menjadi patuh kepada Sang Bapa. Dalam diri Yesus, jelaslah bahwa, buah kasih adalah kepatuhan. Tanpa kasih, hanyalah kepatuhan semu!

Tetapi, pengalaman hidup manusia menegaskan bahwa manusia, meski sungguh-sungguh mengasihi Allah, sering kali toh jatuh juga. Terkadang tak gampang bagi kita untuk mengasihi Allah. Akal budi bisa saja menyatakan dengan tegas bahwa kita mengasihi Allah. Namun, ketika duka menerpa, persoalan menyelimuti kita, sering perasaan kita ikut-ikutan terombang-ambing; dan ujung-ujungnya kita malah menjauhi Allah. Kita tidak lagi mengasihi Dia. Kalau sudah begini, maka kita pun menjadi enggan menuruti segala perintah-Nya.

Karena itulah, Yesus menjanjikan Penolong yang lain kepada para murid-Nya. Menarik untuk disimak, bahwa sebutan untuk Roh Kebenaran atau Roh Kudus itu bukanlah Diktator, tapi Penolong. Dia bukanlah Diktator yang sewenang-wenang, namun Penolong yang setia. Dialah yang akan menolong kita untuk mengasihi Allah sehingga kita dapat menuruti kehendak-kehendak-Nya.

Roh kudus akan menolong kita menaati Allah berdasarkan kasih!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home