Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:45 WIB | Senin, 23 Juni 2014

Menkes: Kondisi WNI Positif MERS Sudah Membaik

Menkes Nafsiah Mboi Kamis (8/5) menegaskan bahwa sampai saat itu tidak ada penderita sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS) di Indonesia (Foto: VOA/Iris Gera).

TANGERANG, SATUHARAPAN.COM - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengungkapkan kondisi WNI di Arab Saudi yang positif terjangkit penyakit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) saat ini sudah membaik.

"Kondisinya sudah membaik namun belum bisa pulang ke Indonesia karena sedang perawatan," kata Nafsiah Mboi usai kunjungan kerja ke RSUD Kota Tangerang provinsi Banten, Senin (23/6).

Menkes mengatakan dua WNI di Arab Saudi telah dinyatakan positif tertular MERS dengan satu orang meninggal dan satu orang sedang dalam perawatan dengan kondisi yang menunjukkan perbaikan.

Kementerian Kesehatan menyatakan akan terus melakukan koordinasi dengan pihak Arab Saudi untuk upaya pemulangan setelah kondisi pasien dinyatakan sudah sehat. 

"Masih kita koordinasikan untuk kepulangannya," ujar Menkes.

Sekretaris Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes Muhammad Subhan sebelumnya mengungkapkan di Indonesia ada 169 kasus "suspect" MERS dengan 161 kasus telah dinyatakan negatif dan delapan kasus masih dalam pemeriksaan.

Subhan menegaskan bahwa hingga kini belum ada satu kasus suspect MERS di Indonesia yang dinyatakan positif. 

Kementerian Kesehatan akan melakukan update perkembangan mengenai penyebaran virus Mers setiap dua hari sekali pada pukul 07.00 WIB dan 16.00 WIB.

Sebagai bentuk kewaspadaan, Kementerian Kesehatan menyiapkan satu tenda dan ambulan bertekanan negatif di setiap Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) atau bandara.

Selain itu juga disiapkan 12-16 petugas medis yang telah dilatih secara khusus dan keterampilan untuk menangani setiap kasus MERS.

Selain itu, Kementerian Kesehatan pun menyediakan 50 set pakaian yang khusus di setiap KKP untuk menangani terduga suspect MERS. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home