Google+
Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 08:18 WIB | Sabtu, 08 Agustus 2020

Mentan Minta Perbankan Permudah Petani dapat Kredit

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (kanan) menghadiri panen raya padi sawah di Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (7/8/2020). (Foto: Ant)

BANGKA BELITUNG, SATUHARAPAN.COM-Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, meminta lembaga perbankan mempermudah petani untuk mendapatkan pinjaman modal melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Saya minta pihak lembaga perbankan jangan persulit petani untuk mendapatkan KUR, berikan kemudahan," kata Mentan Syahrul dikutip, ketika menghadiri panen raya padi sawah Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hari Jumat (7/8).

Ia mengatakan, pemerintah mendorong dan membantu petani meyakinkan pihak lembaga perbankan bahwa menyalurkan kredit kepada petani tidak membuat mereka rugi. "Terutama petani padi sawah yang tergabung dalam kelompok, tentu produksi gabah mampu menutupi dan membayar pinjaman mereka di lembaga perbankan," katanya dikutip Antara.

Namun demikian, kata dia, para petani harus memiliki manajemen pertanian yang lebih baik dan sumber daya petani lebih andal untuk bisa meningkatkan produksi gabah.

"Saya melihat produksi padi sawah Desa Rias hanya berkisar empat hingga lima ton dengan PH air di bawah 5," katanya. Dengan kondisi demikian, untuk meningkatkan produksi gabah di atas lima ton harus dilakukan intervensi pupuk lebih banyak dan tepat.

"Potensi padi sawah Desa Rias cukup menjanjikan dan akan lebih hebat lagi jika dikembangkan secara tepat," katanya.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home