Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:48 WIB | Jumat, 03 Juli 2015

Menteri LHK Dorong Sekat Kanal Segera Dilaksanakan

Penyekatan kanal liar Riau. (Foto: Antarariau)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mendorong penyekatan kanal (canal blocking) untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan segera dilaksanakan.

"Saya sudah berkali-kali mendorong pemda segera menggerakkan, sebab dananya sudah ada," kata Siti Nurbaya di Jakarta, Jumat (3/7).

Dia mengatakan, sekat kanal sudah disetujui dan sumber dana ada dari KLHK dan juga di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Saat ini program sekat kanal dengan sumber dana dari KLHK sudah berjalan, namun dananya tidak sebesar yang dianggarkan BNPB senilai Rp 15 miliar.

Uji coba sekat kanal yang dirintis pemerintah di Riau, seperti di Desa Sungai Tohor Kabupaten Kepulauan Meranti, telah berhasil mengurangi kebakaran karena air yang sebelumnya terkuras karena adanya kanal bisa tertahan sehingga menjaga gambut tetap basah.

Menurut Siti, anggaran dari BNPB sudah siap, dan seharusnya dari awal Juni lalu sudah harus dilaksanakan. "Memang agak sedikit terlambat, maka saya dorong terus dan saya bolak-balik ke Riau untuk mendorong pemdanya," katanya.

Terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan, Menteri Siti sudah meminta gubernur masing-masing daerah yang wilayahnya mengalami kebakaran untuk menggerakkan seluruh elemen.

"Saya minta kepada gubernur dan Manggala Agni supaya mengajak swasta agar ikut juga seperti patroli itu sudah pernah kita perintahkan juga," kata Siti Nurbaya.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home