Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:36 WIB | Rabu, 01 Maret 2017

Muhammadiyah: Kunjungan Raja Salman Tidak Picu Terorisme

Pangkostrad yang juga Panglima Komando Gabungan Pengamanan (Pangkogabpam) VVIP Letjen TNI Edy Rahmayadi memeriksa kesiapan pasukan pengamanan VVIP di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa (28/2). Gelar dan pemeriksaan pasukan pengamanan VVIP tersebut dalam rangka kunjungan kerja Raja Arab Saudi dan konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-20 Indian Ocean Rim Association (IORA). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu`ti mengatakan tidak perlu ada kekhawatiran adanya penguatan kelompok radikal di Tanah Air seiring kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al saud ke Indonesia.

"Dari sisi kerja sama pendidikan, ada kekhawaitiran kehadiran Raja Salman ini memperkuat kelompok radikal di Indonesia. Saya pikir itu kekhawatiran yang berlebihan," kata Mu`ti di Jakarta, hari Rabu (1/3).

Dia mencontohkan sejauh ini terdapat beasiswa pendidikan pemerintah Saudi yang dimanfaatkan pelajar Indonesia untuk menempuh studi di berbagai lembaga pendidikan negara kaya minyak itu.

Akan tetapi, kata dia, pelajar Indonesia tidak lantas menganut paham Islam aliran Salafi atau Wahabi usai menamatkan studi di Saudi. Justru, pelajar Indonesia yang mendapat beasiswa studi di Saudi tetap saja menganut madzhab Syafi`i.

"Tidak kemudian setelah studi di sana menjadi penganut Salafi atau Wahabi. Maka jangan ada kekhawatiran berlebihan terkait kunjungan ini," kata dia.

Menurut Mu`ti, Indonesia dan Saudi memiliki persoalan yang sama terkait tantangan menghadapi radikalisme dan terorisme. Dua negara berpenduduk mayoritas Muslim ini beberapa kali mengalami serangan orang atau kelompok terorisme.

Dengan menepis kekhawatiran terkait kunjungan Raja Salman, Mu`ti berharap kunjungan orang nomor satu Saudi itu akan memperkuat kemitraan strategis dua negara dalam beragai kerja sama seperti ekonomi, pendidikan dan lainnya yang relevan. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home