Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 00:05 WIB | Kamis, 21 Mei 2020

MUI Hulu Sungai Selatan Imbau Warga Shalat Idul Fitri di Rumah Saja

KANDANGAN, SATUHARAPAN.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan(HSS), Kalimantan Selatan, mengeluarkan imbauan agar warga shalat Idul Fitri 2020 di rumah saja selama pandemi COVID-19 masih berlangsung.

Imbauan berupa pedoman pelaksanaan Idul Fitri yang ditandatangani Ketua Umum TGH Muhammad Ridwan Baseri dan HM Khairani di Kandangan Rabu (20/5), berdasarkan pertimbangan status tanggap darurat dan belum memungkinkan dilakukan relaksasi di daerah tersebut.

Hal ini dikarenakan belum adanya rapid test dalam skala besar, sehingga sebagaimana kekhawatiran para ahli yang amanah dan kredibel, masih banyak pembawa virus yang tidak terdata dan sebagiannya adalah orang tanpa gejala (OTG).

Selain itu, proses pelacakan terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan orang yang positif belum maksimal, bahkan terkendala dengan alat tes yang terbatas.

Selain itu, juga banyaknya jumlah masyarakat yang tidak mau dites, serta kedatangan arus mudik dari luar daerah yang sulit dibendung.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka MUI Hulu Sungai Selatan menghimbau masyarakat agar tidak mengadakan kegiatan-kegiatan kecuali dengan jumlah terbatas dan harus tetap mentaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Selain itu, juga melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah, baik sendiri maupun berjamaah, dengan khutbah ataupun tanpa khutbah,.

Takbiran bisa dilaksanakan di masjid atau langgar oleh pengurus takmir atau di rumah dan juga menggunakan media televisi, media sosial dan media digital lainnya.

Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry juga meminta warganya untuk melaksanakan takbiran di langgar atau masjid sekitar saja, dan tidak melakukan pawai takbiran keliling pada malam perayaan Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Masyarakat yang ada di pelosok juga tidak perlu datang ke Kota Kandangan, karena tidak akan ada acara apapun pada malam hari raya nanti," katanya.

Bupati juga memastikan, dirinya tidak akan mengadakan open house sebagaimana tiap tahunnya. (Ant)

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home