Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 13:02 WIB | Senin, 23 Februari 2015

Oscar 2015: John Legend Berjaya Lewat “Glory”

John Legend dan Common ketika meraih Penghargaan Golden Globe 2015, Januari lalu. (Foto: huffingtonpost.com)

HOLLYWOOD, SATUHARAPAN.COM – Glory membawa kejayaan dalam kehidupan John Legend. Bersama Common, Legend meraih Penghargaan Oscar (Academy Award) kategori best original song, untuk lagu ilustrasi film Selma itu, yang diumumkan dalam pesta penyerahan penghargaan di Dolby Threatre, Hollywood, Minggu (22/2) atau Senin (23/2) waktu Indonesia.

John Legend dan Common nerhasil “menyihir” hadirin di gedung berkapasitas 3.000 kursi itu, pada saat menyampaikan pidato singkat usai menerima Piala Oscar. Suasana menjadi senyap.

Selma, kini saatnya, seiring dengan perjuangan untuk keadilan,” kata Legend, tentang film yang berkisah tentang Martin Luther King Jr dalam memperjuangkan hak-hak sipil pada dekade 60. “Seperti kita ketahui, hak-hak bersuara yang mereka perjuangkan selama 50 tahun lalu sudah menjadi kesepakatan bersama saat ini di negara ini.”

Legend menambahkan bahwa ada banyak pria berkulit hitam mengambil peran di dalam masyarakat saat ini dibandingkan dengan ketika masa di bawah perbudakan pada 1850.  

“Dan, orang-orang akan berbaris dengan iringan lagu kami. Kami memandangmu, dan kami mengasihi kamu,” katanya. “Berbarislah.”

Hadirin sontak berdiri sebagai tanda penghormatan ketika John Legend dan Common usai menampilkan Glory. Washingtonpost.com melaporkan aktris Carmen Ejogo dan aktor David Oyelowo, pemeran dalam film Selma, tampak berurai air mata, demikian juga aktor Chris Pine terlihat berlinang air mata.

Penghargaan Golden Globe 2015

John Legend dan Common mengulang kejayaan yang mereka raih pada Januari lalu, ketika memenangi Penghargaan Golden Globe untuk kategori lagu terbaik, juga melalui Glory.

"Kami bersyukur menulis lagu ini," kata Legend, seperti yang dikutip Antara dari laman Hollywood Reporter.

Di ajang Golden Globe 2015, Glory berhasil mengungguli Yellow Flicker Beat (The Hunger Games: Mockingjay Part I), Opportunity (Annie), Mercy Is (Noah), dan Big Eyes (Big Eyes).

John Legend, yang mempunyai nama John Stephens, mulai bermain piano pada usia 4 tahun.  Pada usia 7 tahun dia sudah tampil di depan publik, bermain untuk paduan suara gereja.

Sepanjang berkarier di dunia musik, penyanyi, penulis lagu, dan pianis itu sudah mengantongi  enam Penghargaan Grammy, penghargaan tertinggi di dunia industri musik Amerika. (washingtonpost.com/wikipedia.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home