Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 10:42 WIB | Rabu, 18 Februari 2015

Menjelang Piala Oscar, Persaingan Makin Ketat

Menjelang Piala Oscar, Persaingan Makin Ketat
Michael Keaton, pemeran utama dalam film Birdman. (Foto: thestake.org)
Menjelang Piala Oscar, Persaingan Makin Ketat
Neil Patrick Harris. (Foto: abcnews.com/AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Perhelatan Academy Awards, yang lebih populer dengan nama Oscar,  akan digelar 22 Februari mendatang, atau 23 Februari waktu Indonesia.  Wartawan BBC Tim Masters menggali sejumlah cerita serta isu-isu seputar penyelenggaraan ajang Penghargaan Oscar tahun ini.

Pembawa acara pesta Oscar, Neil Patrick Harris, memberikan sedikit bocoran tentang acara yang ditunggu-tunggu berbagai kalangan pada hari Minggu itu nanti. Dalam sebuah video yang ditayangkan di ABC News ia melontarkan candaan, "Saya tidak tahu di mana atau bagaimana bisa memberikan bocoran tanpa Taser (senjata kejut listrik)."

"Kami mempunyai gagasan yang unik agar acara itu terlihat keren ketika disaksikan secara live maupun dari rumah,” Harris, yang akan memulai debutnya membawakan acara di malam penyerahan Penghargaan Oscar itu, menambahkan.

Kesibukan sudah terlihat seminggu menjelang perhelatan Oscar yang berlangsung di Amerrika Serikat itu, dengan bertambahnya satu calon penerima penghargaan,  yaitu film Birdman.

Setelah menang di ajang perfilman BAFTA (British Academy of Film and Television Arts, badan independen yang bergerak dalam pengembangan dan promosi seni film dan televisi Inggris) pekan lalu, Birdman kembali menyabet penghargaan tertinggi di acara tahunan American Society Cinematographers di Los Angeles, Minggu (15/2), melalui sinematografer Emmanuel Lubezki, mengalahkan sinematografer Roger Deakins (Unbroken), Oscar Faura (The Imitation Game), Dick Paus (Mr Turner), dan Robert Yeoman (The Grand Budapest Hotel).

Birdman sangat unik dibandingkan film-film calon peraih Penghargaan Oscar lainnya karena film itu seolah dibuat dalam satu kali pengambilan gambar.

Film Birdman yang disutradrai Alejandro Gonzales Inarritu dijagokan memenangkan sejumlah penghargaan di ajang Piala Oscar Minggu yang akan datang

Kemenangan sinematografer Lubezki itu akan memperkuat perannya sebagai sutradara fotografi yang difavoritkan untuk menyabet penghargaan sinematografi di ajang Oscar hari Minggu nanti. Kalau dia menang, akan menjadikan kemenangan untuk kedua kalinya di Academy Awards setelah dia meraih Oscar tahun lalu lewat film Gravity.

Film Birdman juga meraih penghargaan tertinggi dari Cinema Audio Society dan menjadi salah satu pemenang di Motion Picture Sound Editors Golden Reel Awards pada hari Sabtu dan Minggu, di Los Angeles.

Seperti dilaporkan Variety, Birdman meraih penghargaan untuk kategori editing musik, sementara film biografi tentang James Brown, Get On Up menerima penghargaan lagu terbaik. Film Unbroken memenangkan dialog/ADR terbaik, sementara American Sniper memenangkan kategori efek suara, dan Big Hero 6 memenangkan kategori film animasi.

Di ajang penghargaan Writers Guild Awards, film The Grand Budapest Hotel memenangkan penghargaan tertinggi dari Writers Guild Awards.

Film komedi arahan Wes Anderson itu dinominasikan meraih sembilan Piala Oscar and memenangkan skenario asli terbaik.

Graham Moore dinominasikan meraih skenario adaptasi terbaik untuk film The Imitation Game yang bercerita tentang pemecah sandi pada Perang Dunia ke II, Alan Turing.

Kini belum ada lagi sejumlah penghargaan yang akan diumumkan sebelum perhelatan Oscar pada Minggu mendatang. Voting Oscar akan berakhir pukul 17.00 pada Selasa (Rabu 01.00 WIB). (bbc.co.uk/wikipedia.org/imdb.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home