Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 07:41 WIB | Rabu, 26 Oktober 2016

Pasukan Irak Rebut Kota Rutba dari Tangan ISIS

Ilustrasi. Tentara Irak mengenakan masker gas untuk melindungi diri dari asap yang membubung tinggi setelah ISIS membakar pabrik belerang Mishraq , dekat dengan pangkalan militer Qayyarah, sekitar 30km selatan Mosul pada 22 Oktober 2016. (Foto: AFP/Ahmad Al-Rubaye)

RUTBA, SATUHARAPAN.COM - Pasukan keamanan Irak pada Selasa (25/10) berhasil merebut kendali sebuah kota barat yang diserang militan kelompok Islamic State (ISIS) dua hari sebelumnya, kata para pejabat.

Berusaha menarik perhatian dari operasi untuk merebut kembali kota Mosul, ISIS menyerang Kota Rutba di wilayah barat negara itu dan Kirkuk di wilayah utara dalam beberapa hari terakhir.

“Pasukan kami sudah membersihkan Kota Rutba sepenuhnya,” kata Staf Mayor Jenderal Ibrahim al-Mahalawi.

Seorang wartawan AFP yang mengunjungi kota tersebut membenarkan bahwa Kota Rutba berhasil direbut kembali oleh pemerintah, begitu juga pejabat daerah yang bertanggung jawab di wilayah tersebut.

Ekstremis menyerang Rutba pada Minggu, sempat merebut kantor wali kota sebelum dipukul mundur oleh aparat keamanan tapi mereka masih menguasai dua daerah.

Ekstremis mengeksekusi lima warga Irak, termasuk personel pasukan keamanan, di kota tersebut pada Senin, kata pejabat militer.

Pada Jumat, puluhan pejuang ekstremis meluncurkan serangan besar-besaran di kota yang dikendalikan Kurdi, Kirkuk, menewaskan sedikitnya 46 orang, sebagian besar anggota pasukan keamanan. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home