Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 20:28 WIB | Selasa, 28 Januari 2014

Paus Fransiskus: Holocaust Menodai Kemanusiaan

Paus Fransiskus melambaikan tangan pada misa mingguan di Basilika Santo Petrus pada Minggu (12/1). (Foto: dari bbc.co.uk)

ARGENTINA, SATUHARAPAN.COM – Paus Fransiskus telah menulis surat kepada temannya Rabbi Abraham Skorka of Buenos Aires pada kesempatan Holocaust Memorial Day pada 27 Januari. Surat itu akan dibacakan Senin malam di sebuah konser di Roma berjudul "Violins of Hope". 

Dalam surat yang ditulis tangan ke Rabbi Abraham Skorka, Paus Fransiskus menggambarkan Holocaust sebagai horor dan menodai bagi kemanusiaan yang tidak boleh diulang. Surat ini akan dibacakan pada Senin malam memperingati hari Holocaust di sebuah konser di Roma Parco della Musica berjudul "Violins of Hope".

Paus Fransiskus menulis bahwa para hadirin akan mendengar potongan musik biola termasuk karya Barber, Vivaldi dan Beethove, tetapi ia menekankan bahwa di balik suara musik, hati setiap orang yang hadir akan dapat membuat keluar suara kesedihan.

Untuk menambah kepedihan malam, dua belas biola yang selamat dari Holocaust akan dimainkan secara bersama untuk pertama kalinya dalam sebuah konser. Amnon Weinstein pembuat biola Israel yang menemukan instrumen dan membenarkanya.

Diantaranya adalah biola yang mengiringi orang yang diasingkan ke kamar-kamar Auschwitz yang telah dibumbuhi gas beracun dan satu lagi dilemparkan dari kereta api dalam perjalanan ke kamp.

Holocaust adalah pengingat bahwa pembantaian dibakar oleh diskriminasi dan intoleransi, ditanamkan melalui hasutan untuk kebencian rasial dan keyakinan lain. Permisif terhadap kejadian diskriminasi pada individu akan tumbuh menjadi aksi masyarakat yang mengerikan. (news.va)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home