Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 07:51 WIB | Minggu, 29 November 2020

Paus Fransiskus Mengangkat 13 Kardinal Baru

Paus Fransiskus. (Foto: dok. Reuters)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus mengangkat 13 kardinal baru pada hari Sabtu  (28/11), termasuk orang Afrika-Amerika pertama, dan meletakkan cap pribadinya di badan yang suatu hari akan memilih penggantinya.

Di bawah kubah Basilika Santo Petrus yang menjulang tinggi, "para pangeran Gereja" yang baru berlutut satu demi satu di kaki Paus berusia 83 tahun, yang meletakkan topi segi empat merah tua, atau biretta, di atas kepala mereka.

Kelompok yang beragam, yang anggotanya berasal dari Italia, Malta, Filipina, Chili, Brunei, Meksiko, dan Amerika Serikat,  tidak hanya mencerminkan perubahan wajah gereja dengan 1,3 miliar umat, tetapi juga keyakinan Paus Yesuit itu pada para imam yang terfokus tentang orang miskin dunia.

Uskup Agung Washington yang berusia 72 tahun, Wilton Gregory, mengatakan kepada AFP pada hari Jumat (27/11) bahwa dia adalah "individu simbolis" karena diangkat menjadi kardinal Afrika-Amerika pertama.

Sejak pemilihan Paus Fransiskus pada 2013, paus Argentina, dan yang pertama dari Amerika, telah mengangkat 95 kardinal baru dalam upacara yang dikenal sebagai konsistori. Dan mereka yang diangkat oleh Paus Fransiskus sekarang menjadi mayoritas dari para kardinal di bawah usia 80 tahun yang akan memilih penggantinya.

Hal itu meningkatkan kemungkinan bahwa upaya Paus untuk membuat Gereja Katolik Roma lebih inklusif, transparan, dan lebih fokus pada membela anggota masyarakat yang paling rentan, dapat berlanjut setelah kematiannya.

Dalam upacara tersebut, Paus Fransiskus memperingatkan para kardinal baru agar tidak tergoda oleh "keunggulan" baru mereka dan menyimpang dari hubungan "dekat dengan rakyat".

"Kirmizi jubah kardinal, yang merupakan warna darah, dapat, bagi jiwa duniawi, menjadi warna keunggulan sekuler," kata Paus. "Saat Anda merasakannya, Anda akan keluar dari jalan raya."

Memenuhi Syarat Konklaf

Biasanya, semua kardinal dunia pergi ke Roma untuk menyambut para kardinal yang baru dipromosikan selama konsistori. Tapi tahun ini, banyak yang tidak hadir, dan pembatasan virus corona mencegah perjalanan dua kardinal baru, yaitu Uskup Agung Jose Fuerte Advincula dari Filipina, dan Cornelius Sim, Vikaris Apostolik dari negara mayoritas Muslim Brunei.

Hanya sekitar 40 kardinal saat ini, semuanya mengenakan masker, yang hadir, duduk terpisah di depan sejumlah kecil tamu. Karena virus corona, tradisi bertukar "ciuman damai" dengan Paus dan semua kardinal lainnya ditangguhkan.

Sembilan kardinal dalam kelompok terakhir berusia di bawah 80 tahun dan dengan demikian memenuhi syarat untuk bergabung dalam konklaf untuk memilih Paus berikutnya setelah kematian atau pengunduran diri Fransiskus.

Pilihan Paus Fransiskus tidak hanya mencerminkan keinginan untuk mempromosikan orang non Eropa di dalam gereja, tetapi perjuangan pribadi Paus melawan ketidaksetaraan sosial dan kemiskinan.

Advincula dari Filipina mengatakan dia yakin Paus memilihnya untuk mengakui umat Katolik yang tinggal di daerah yang jauh dari Roma. "Saya selalu berpikir bahwa Gereja harus lebih dekat dengan orang-orang, terutama mereka yang berada di pinggiran," kata Advincula kepada Vatican News bulan lalu setelah disebutkan menjadi kardinal.

Francis juga menunjuk uskup agung Washington DC, Wilton Gregory, orang Afrika-Amerika pertama yang menjadi kardinal.

Dekat dengan Yang Miskin

Kelompok kardinal juga termasuk Uskup Emeritus Meksiko, Felipe Arizmendi Esquivel, yang telah bekerja di antara penduduk asli di wilayah miskin Chiapas, dan Uskup Agung Antoine Kambanda dari Rwanda, yang kehilangan sebagian besar keluarganya dalam genosida tahun 1994.

Paus Fransiskus juga menunjuk Uskup Agung Santiago, Celestino Aos Braco, sebagai dukungan atas tantangan ke depan dalam memulihkan kepercayaan pada Gereja di Chili setelah skandal pelecehan seksual yang meluas.

Kelompok enam kardinal Italia baru termasuk Augusto Paolo Lojudice, uskup agung Siena saat ini, yang dikenal karena pembelaannya terhadap orang-orang Roma, dan imam Fransiskan Mauro Gambetti, wali Biara Suci Assisi, kota Santo Fransiskus.

Pada hari Minggu, Paus Fransiskus akan merayakan misa tradisional dan secara eksklusif para kardinal baru berpartisipasi. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home