Loading...
BUDAYA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 21:48 WIB | Senin, 18 November 2013

Pedang Raja Arab Saudi Terjual Rp 13 Miliar

Pedang dari Raja Saudi, Abdul Aziz bin Saud kepada Pangeran Ahmad Shah Khan dari Afghanistan. (Foto: dari alarabiya.net)
PARIS, SATUHARAPAN.COM - Sebuah pedang langka yang dianggap sebagai saksi sejarah Arab Saudi menuju kerajaan modern, terjual lebih dari Rp. 13 miliar di sebuah lelang hari Minggu (17/11) di Prancis.
 
Pedang baja dengan emas 24 karat, pegangan dari gading gajah dan bilah melengkung panjang, dibeli senilai 955.400 euro melalui telepon oleh "seorang pembeli misterius yang baru ikut penawaran di pertengahan lelang," kata juru lelang Jean-Pierre Osenat.
 
Pedang ini adalah hadiah dari Raja Saudi, Abdul Aziz bin Saud kepada Pangeran Ahmad Shah Khan dari Afghanistan untuk menandai berdirinya Kerajaan Arab Saudi pada tanggal 5 Mei 1932.
 
Pedang ini, yang memiliki bilah hampir 79 sentimeter panjangnya lalu dijual pada pembeli untuk koleksi pribadi.
 
Pedang ini kemungkinan dibuat abad ke-19 dan berasal dari Suriah.
 
"Pedang secara simbolisme sangat penting di negara-negara Arab," kata Jean-Christophe Chataignier dari balai lelang Osenat.
 
"Memberi pedang adalah pasti bertujuan persahabatan, loyalitas, kepercayaan dan perlindungan timbal balik antara pemberi dan penerimanya." (alarabiya.net)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home