Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 06:59 WIB | Sabtu, 13 Februari 2021

Pemerintah Joe Biden Izinkan Puluhan Ribu Pencari Suaka Masuk AS

Foto diambil pada 30 Agustus 2019 yang menunjukkan para migran, banyak di antara mereka telah dikembalikan ke Meksiko di bawah kebijakan "Tetap di Meksiko" pemerintahan Trump, menunggu dalam antrean untuk makan di perkemahan dekat Jembatan Internasional Gateway di Matamoros , Mexio. (Foto: dok. AP)

SAN DIEGO, SATUHARAPAN.COM-Pemerintahan Joe Biden pada hari Jumat (12/2) mengumumkan rencana untuk mengizinkan masuk puluhan ribu orang yang mencari suaka dan telah dipaksa untuk menunggu di Meksiko di bawah kebijakan era Donald Trump, sementara kasus mereka akan diproses melalui pengadilan imigrasi.

Gelombang pertama dari sekitar 25.000 pencari suaka dengan kasus aktif dalam program "Tetap di Meksiko" akan diizinkan masuk ke Amerika Serikat pada 19 Februari, kata pihak berwenang. Mereka berencana untuk memulai secara perlahan, dengan dua penyeberangan perbatasan masing-masing memproses hingga 300 orang per hari dan penyeberangan ketiga mengelola jumlah yang lebih sedikit.

Pemerintahan Presiden Joe Biden menolak untuk secara terbuka mengidentifikasi tiga penyeberangan tersebut, karena khawatir hal itu dapat mendorong orang-orang berdesakan. Namun Perwakilan AS, Henry Cuellar, seorang Demokrat Texas, mengatakan para pejabat mengatakan kepadanya bahwa itu adalah penyeberangan Brownsville dan El Paso di Texas dan San Ysidro di San Diego.

Langkah tersebut merupakan langkah besar untuk membongkar salah satu kebijakan paling penting mantan Presiden Donald Trump untuk mencegah pencari suaka datang ke AS. Sekitar 70.000 pencari suaka terdaftar dalam program yang secara resmi disebut Protokol Perlindungan Migran, yang dikeluarkan sejak Januari 2019.

Pada hari pertama Biden menjabat, Departemen Keamanan Dalam Negeri menangguhkan kebijakan untuk pendatang baru. Sejak itu, beberapa pencari suaka yang dijemput di perbatasan telah dibebaskan di AS dengan pemberitahuan untuk dihadirkan di pengadilan.

Janji Kampanye

Biden dengan cepat menepati janji kampanye untuk mengakhiri kebijakan itu, yang menurut pemerintahan Trump sangat penting untuk mencegah lonjakan jumlah pencari suaka yang mencapai puncaknya pada tahun 2019. Tetapi kebijakan itu juga mengekspos orang pada kekerasan di kota-kota perbatasan di Meksiko dan membuatnya sangat ekstrim, dan sulit bagi mereka untuk menemukan pengacara dan berkomunikasi dengan pengadilan tentang kasus mereka.

“Seperti yang telah dijelaskan oleh Presiden Biden, pemerintah AS berkomitmen untuk membangun kembali sistem imigrasi yang aman, tertib, dan manusiawi,” kata Sekretaris Keamanan Dalam Negeri, Alejandro Mayorkas.” Tindakan terbaru ini merupakan langkah lain dalam komitmen kami untuk mereformasi kebijakan imigrasi yang tidak sejalan dengan nilai-nilai bangsa kami.”

Pencari suaka akan dibebaskan dengan pemberitahuan untuk hadir di pengadilan di kota-kota terdekat atau di tujuan akhir mereka, biasanya dengan keluarga, kata pejabat administrasi.

Keamanan Dalam Negeri mengatakan langkah itu "tidak boleh ditafsirkan sebagai pembukaan bagi orang untuk bermigrasi secara tidak teratur ke Amerika Serikat." Pejabat administrasi mengatakan sebagian besar orang yang melintasi perbatasan secara ilegal dengan cepat diusir di bawah perintah kesehatan masyarakat yang diberlakukan Trump pada bulan Maret di tengah pandemi virus corona. Tetapi beberapa keluarga pencari suaka telah dibebaskan di Texas dan California.

Sekretaris pers Gedung Putih, Jen Psaki, mengatakan pada hari Kamis bahwa dia khawatir pembebasan terbatas di AS dapat mendorong orang lain untuk menyeberang secara ilegal. “Kami tidak ingin orang-orang menempatkan diri mereka dalam bahaya pada saat waktu yang tidak tepat untuk datang, karena kami belum punya waktu untuk menerapkan sistem dan proses yang manusiawi dan bermoral,” katanya.

Sidang pengadilan untuk orang-orang yang terdaftar di "Tetap di Meksiko" telah ditangguhkan sejak Juni karena pandemi. Mendapat kabar tentang kapan mereka harus melapor ke perbatasan untuk dibebaskan di Amerika Serikat mungkin pekerjaan yang menakutkan.

Keamanan Dalam Negeri mengatakan akan segera mengumumkan "proses pendaftaran virtual" secara online dan melalui telepon bagi orang-orang untuk mengetahui di mana dan kapan mereka harus melapor. Mereka mendesak para pencari suaka untuk tidak melapor ke perbatasan kecuali diperintahkan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home