Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 12:37 WIB | Rabu, 25 September 2013

Pemerintah Rotterdam dan DKI Bekerja Sama Tanggulangi Banjir Jakarta

Pemerintah Rotterdam dan DKI  Bekerja Sama Tanggulangi Banjir Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki TP, dalam pertemuan acara kunjungan resmi Walikota Rotterdam dan Kementerian RI usai pertemuan di Hotel Borobudur, Selasa (24/9). (Foto-foto: Kartika Virgianti)
Pemerintah Rotterdam dan DKI  Bekerja Sama Tanggulangi Banjir Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki TP, bersalaman dengan para pejabat dari Walikota Rotterdam dan Kementerian RI usai pertemuan di Hotel Borobudur.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Walikota Rotterdam, Belanda, Ahmed Aboutaleb melakukan kunjungan resmi ke Jakarta dari 23-25 September 2013 dengan tujuan memperkuat hubungan kedua wilayah dan untuk membahas mengenai hal-hal yang menjadi perhatian bersama.

Jakarta sedang menghadapi ancaman penurunan tanah yang membahayakan dan bisa menyebabkan sebagian besar kota tenggelam di bawah permukaan laut. Ancaman banjir, kualitas air permukaan yang buruk, serta kemacetan, sangat membatasi potensi pengembangan ekonomi dan kesejahteraan Ibukota secara nasional dan bahkan seluruh negara

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pekerjaan Umum (PU), dan Pemprov DKI Jakarta yang mendorong inisiatif awal program ini. Pemerintah Belanda mendukung program tersebut.

Program NCICD

Kelompok tim ahli dari Indonesia dan Belanda sedang mempersiapkan rencana induk Pembangunan Terpadu Pesisir Ibukota Nasional (National Capital Interated Coastal Development/NCICD) dan menyiapkan kelembagaan untuk pembiayaan dan pelaksanaan.

NCICD dibentuk untuk membalikkan kecenderungan saat ini. Program memberikan manfaat pada keselamatan terhadap ancaman banjir tetapi juga kota water-front baru, jalan timur-barat off shore dan sambungan rel, pembangunan pelabuhan, pembangunan perikanan, lingkungan yang bersih dan pengembangan alam, serta manfaat jangnka panjang bagi seluruh wilayah pesisir.

NCICD telah diluncurkan pada Maret 2013 untuk mengintegrasikan langkah-langkah melindungi wilayah terhadap banjir dari laut di Jakarta Utara dan daerah sekitarnya dari Banten dan Jawa Barat, dengnan langkah-langkah untuk revitalisasi ekonomi dan perkotaan.

DKI Jakarta dan Rotterdam telah sukses melakukan kerja sama sejak 1986. Hubungan kerja sama antara kedua wilayah terutama difokuskan pada pengelolaan air perkotaan. Dalam konteks NCICD, pertukaran pengetahuan terkait perencanaan tata ruang, infrastruktur dan pembangunan pelabuhan akan ditingkatkan.

Kerja Sama

Hasil dari pembicaraan kedua belah pihak, Kota Rotterdam telah sepakat dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memulai sebuah program pertukaran pengetahuan dalam konteks NCICD. Pertukaran pengetahuan akan berfokus pada perencanaan tata ruang untuk pengembangan pelabuhan dalam kaiitannya dengan revitalisasi perkotaan dan ekonomi, infrastruktur dan keamanan banjir.

Saling berbagi pengalaman antar kedua belah pihak dan pengalaman hubungan antara pemerintah dengan swasta akan diatur dalam dalam kegiatan magang bagi para profesional dari kedua kota.

Rencana kerja untuk kegiatan tersebut akan disiapkan oleh instansi terkait dari kedua kota selama Oktober dan November 2013.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home