Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:29 WIB | Jumat, 26 April 2024

Filipina: 12 Militan Islam Tewas dalam Baku Tembak dengan Militer

Pasukan marinir Filipina mengambil posisi di samping kendaraan lapis baja Amerika Serikat selama latihan penyerangan dengan tentara AS dalam latihan gabungan yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antar sekutu di pangkalan Angkatan Laut Filipina San Antonio, Zambales, 9 Oktober 2015. (Foto: dok. Reuters)

MANILA, SATUARAPAN.COM-Dua belas militan tewas di Filipina selatan dalam baku tembak dengan pasukan keamanan yang menyebabkan tujuh tentara terluka, kata militer dalam sebuah pernyataan.

Baku tembak itu terjadi Senin di Provinsi Maguindanao del Sur di Pulau Mindanao, yang merupakan surga bagi berbagai kelompok bersenjata mulai dari pemberontak komunis hingga militan.

Tentara Filipina mengatakan pemimpin Fraksi Pejuang Kemerdekaan Islam Bangsamoro-Karialan dan saudaranya tewas bersama 10 pejuang. Tujuh tentara terluka.

Tentara menyita 12 senjata api berkekuatan tinggi, termasuk lima senapan M16, kata pernyataan militer yang dirilis Senin (22/4) malam.

Wilayah selatan Filipina yang bergolak adalah rumah bagi pemberontakan separatis Muslim yang telah berlangsung selama puluhan tahun dan kelompok ekstremis yang menyatakan kesetiaan kepada ISIS.

Manila menandatangani pakta perdamaian dengan kelompok pemberontak terbesar di negara itu, Front Pembebasan Islam Moro, pada tahun 2014, yang mengakhiri pemberontakan bersenjata mematikan mereka.

Namun kelompok kecil pejuang Muslim yang menentang perjanjian perdamaian masih ada. Pemberontak komunis juga beroperasi di wilayah tersebut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home