Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:51 WIB | Kamis, 03 September 2015

Pemilihan Duta Bahasa Nasional

Ilustrasi: peserta dalam acara pemilihan duta bahasa tingkat nasional tahun 2009 unjuk kebolehan. (Foto: badanbahasa.kemdikbud.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kembali menyelenggarakan Pemilihan Duta Bahasa Nasional.

Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2015, diawali dengan Pemilihan Duta Bahasa di setiap provinsi dengan jadwal yang berbeda-beda. Di Provinsi Sumatera Selatan, pemilihan Duta Bahasa Provinsi telah berlangsung pada Mei 2015, Provinsi Bali pada Juni 2015, Provinsi Jawa Tengah pada Juli 2015, Provinsi Bangka Belitung serta Provinsi Sumatera Utara pada Agustus 2015, kemudian menyusul Provinsi Bengkulu pada Oktober 2015 mendatang.

Pada bulan September ini, sedang berlangsung seleksi Pemilihan Duta Bahasa Provinsi DKI Jakarta. Badan Bahasa Kemendikbud mengundang pemuda dan pemudi Indonesia untuk mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Provinsi DKI Jakarta Tahun 2015.

Pendaftaran dilakukan melalui surat elektronik (surel) atau email. Peserta mengirimkan tulisan esai berbahasa Indonesia dengan judul “Seandainya Saya Menjadi Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2015”. Selain mengirimkan tulisan esai, pendaftar juga harus melampirkan biodata, salinan kartu tanda penduduk (KTP), dan foto berwarna seluruh badan. Semua lampiran pendaftaran tersebut dikirim ke alamat surel penghargaanbb@gmail.com dengan mencantumkan judul (subject) Dubas DKI 2015. Batas akhir pendaftaran adalah Jumat (11/9).

Pendaftaran akan ditutup apabila jumlah peserta memenuhi kuota. Peserta yang memenuhi persyaratan, akan menerima surat undangan melalui surel, untuk mengikuti seleksi lanjutan.

Persyaratan tersebut antara lain berkewarganegaraan Indonesia dan berdomisili di wilayah Provinsi DKI Jakarta, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun pada 28 Oktober 2015, serta belum menikah, berpendidikan minimal SMA, dan mahir berbahasa Indonesia lisan dan tulis, serta mahir berbahasa asing internasional sekurang-kurangnya bahasa Inggris.

Tiga pemuda dan tiga pemudi terbaik akan memperoleh hadiah berupa uang tunai, piagam, dan cendera mata. Satu pemuda dan satu pemudi terbaik pertama, akan memperoleh kesempatan untuk mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2015 yang akan dilaksanakan pada Oktober 2015.

Untuk melakukan konfirmasi telah mengirim surel pendaftaran atau memperoleh informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Ayu Widari melalui telepon seluler di nomor 085959593563. (badanbahasa.kemdikbud.go.id )

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home