Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 07:21 WIB | Sabtu, 07 November 2020

Peneliti Jerman Temukan Kerangka Perempuan Yang Meninggal 5.000 Tahun Lalu

Peneliti Jerman Temukan Kerangka Perempuan Yang Meninggal 5.000 Tahun Lalu
Sisa-sisa kerangka yang disebut Lady of Bietikow, di Berlin. (Foto: AFP)
Peneliti Jerman Temukan Kerangka Perempuan Yang Meninggal 5.000 Tahun Lalu
Antropolog Jerman, Bettina Jungklaus memegang tulang rahang bawah, bagian dari sisa-sisa kerangka yang disebut Lady of Bietikow. (Foto: AFP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Peneliti Jerman mengumpulkan kehidupan seorang perempuan prasejarah yang meninggal lebih dari 5.000 tahun yang lalu di periode Neolitik, setelah kerangkanya ditemukan dalam pekerjaan penggalian untuk turbin angin.

"Lady of Bietikow", demikian namanya, ditemukan di dekat sebuah desa dengan nama yang sama di wilayah Uckermark, Jerman timur laut.

Kerangka itu dikuburkan di pemukiman dalam posisi jongkok, salah satu bentuk penguburan tertua yang diketahui, menurut media lokal.

Investigasi telah menunjukkan bahwa dia berusia antara 30 dan 45 tahun dan meninggal lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Itu berarti dia hidup pada periode yang sama dengan Oetzi the Iceman, mayat yang diawetkan dengan menakjubkan yang ditemukan oleh turis di Pegunungan Alpen pada 1990-an.

"Anda bisa membandingkan Oetzi dan Lady of Bietikow dalam hal usia," kata Philipp Roskoschinski, salah satu dari dua arkeolog dalam penemuan di negara bagian Brandenburg, yang mengelilingi Berlin.

Oetzi ditemukan oleh dua pendaki pada tahun 1991 di Pegunungan Alpen Oetztal di perbatasan antara Austria dan Italia.

Tubuhnya sangat terawat, dengan organ, kulit, dan bahan organik lainnya yang masih utuh - peneliti bahkan dapat melihat apa yang dia makan beberapa jam sebelum dia meninggal. “Penemuan Oetzi jauh lebih spektakuler karena kondisi pelestariannya,” kata Roskoschinski.

Yang tersisa dari Lady Bietikow hanyalah tulang dan beberapa potongan pakaian, tetapi para peneliti masih berhasil mengumpulkan beberapa detail tentang hidupnya.

Dalam periode Neolitik manusia pertama kali memasukkan biji-bijian ke dalam makanan mereka, karena biji-bijian dapat disimpan lebih mudah daripada daging, dan juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran, menurut antropolog Bettina Jungklaus.

Namun, hal ini menyebabkan kemerosotan kesehatan umum pada manusia. Ini bisa dilihat dari kondisi gigi Nyonya Bietikow yang terkikis parah dan hilang seluruhnya di beberapa tempat, kata Jungklaus. “Biasanya ada enamel di permukaan gigi. Tapi di sini sudah lusuh, dikunyah,” katanya.

“Ini memungkinkan kami untuk menarik kesimpulan tentang dietnya: mungkin sangat kaya serat, sangat keras. Ada butiran tertentu yang menyebabkan gigi mudah rusak. "

Masih belum jelas apakah kondisi gigi Lady Bietikow mengindikasikan adanya penyakit atau bahkan penyebab kematiannya. Para peneliti sekarang berharap untuk mengetahui lebih banyak tentang hidupnya, termasuk apakah dia berasal dari wilayah Uckermark atau telah berimigrasi ke sana dari tempat lain. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home