Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 10:17 WIB | Rabu, 02 Maret 2016

Pengangguran Menurun, Ekonomi Eropa Belum Meningkat

ilustrasi pencari kerja sektor informal (Foto Dok Satuharapan.com)

BRUSEEL, SATUHARAPAN.COM – Badan Pusat Statistik Eurostat mengatakan tingkat pengangguran di zona euro turun ke level terendah pada bulan januari dinilai masih terlalu tinggi untuk membantu menstimulasi pertumbuhan ekonomi di eropa.

Berdasarkan data yang dikeluarkan pada Selasa (1/3), diatas masih terlalu tinggi untuk membantu menstimulasi pertumbuhan dalam perekonomian Eropa yang hampir statis.

Menurut dia, pengangguran di zona euro perlahan-lahan mulai menurun sejak krisis utang, namun bursa tenaga kerja Eropa masih menjadi masalah dan jauh di bawah level yang dibutuhkan untuk memperkuat ekonomi.

Pengangguran di zona euro turun menjadi 10,3 persen pada Januari dari 10,4 persen pada Desember, tingkat terendah sejak Agustus 2011.

Para analis memperkirakan angka pada Januari tidak akan berubah, mengingat pelambatan di Tiongkok dan pergolakan di pasar finansial global.

Sementara itu, Ekonom Eropam Jack Allen mengatakan, bursa tenaga kerja zona euro pada Januari menunjukkan penurunan lebih lanjut pada tingkat pengangguran, namun masih terlalu tinggi untuk bisa memperkuat kenaikan gaji dari lajunya yang lambat saat ini


"Dari data tersebut masih terlalu tinggi tingkat pengangguran ,” kata dia. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home