Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:59 WIB | Selasa, 13 Desember 2016

Pengungsi Pidie Jaya Baru Terima 2 Sumur Air Bersih

Bantuan air bersih bagi pengungsi gempa bumi di Pidie Jaya Aceh (kiri). Pengeboran yang dilakukan hingga malam hari (kanan). (Foto: esdm.go.id)

PIDIE JAYA, SATUHARAPAN.COM – Tim Tanggap Darurat Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan air bersih bagi pengungsi gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh berupa sumur bor.

Berdasarkan laporan esdm.go.id, hari Senin (12/12) malam, telah dilakukan dua pengeboran yang telah menghasilkan air bersih dan empat unit sumur bor masih dalam tahap konstruksi, serta dua unit direncanakan untuk dilakukan pengeboran.

“Pengadaan air bersih melalui pengeboran yang dilakukan Tim Tanggap Darurat Badan Geologi akan sangat diharapkan keberhasilannya oleh masyarakat. Hingga malam ini finishing masih dilakukan di Desa Paru Pedeu,” kata anggota Tim Tanggap Darurat Badan Geologi Kementerian ESDM, Budi Joko Purnomo, hari Senin (12/12).

Budi mengatakan, Tim telah menyelesaikan dua unit sumur bor di Desa Teungklut dan di Desa Blang Baroe.

“Bantuan pengadaan air bersih menggunakan sumur pompa di Desa Teungklut (1020 jiwa) telah diserah-terimakan sedangkan yang di Desa Blang Baroe (400 jiwa) belum diserah-terimakan karena Kepala Desa tidak berada di tempat,” kata Budi.

Saat ini empat sumur pompa sedang dalam tahap konstruksi yakni di Desa Paru Pade, Desa Rawasari, Desa Kreueng dan di Desa Geulanggang. Budi melaporkan, pemboran sedang dilakukan di Desa Meunas Tuha, Meuredeu pada malam hari.

Menurut dia, setelah empat unit ini selesai, Tim akan melanjutkan pemboran sumur air di Desa Blangcut dan Desa Beuringen.

Sesuai arahan Menteri ESDM, Tim Tanggap Darurat Badan Geologi Kementerian ESDM mengirimkan tiga hydrogeologist terbaik dari Badan Geologi untuk membantu pengadaan air bersih bagi pengungsi gempa bumi Aceh. Dalam pelaksanaannya, Tim ini bekerja sama dengan Dinas Pertambangan dan Energi Aceh.

Tim Tanggap Darurat Badan Geologi merupakan bagian dari Tim Tanggap Darurat Kementerian ESDM yang bertugas untuk membantu meringankan penderitaan korban bencana gempa bumi di Pidie Jaya Aceh. Selain Tim Badan Geologi, Kementerian ESDM juga mengirimkan Tim Tanggap Darurat Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Ketenagalistrikan dan Tim Tanggap Darurat Direktorat Mineral dan Batubara yang mengkoordinasikan Tim Rescue dari Perusahaan-perusahaan tambang.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home