Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 00:00 WIB | Sabtu, 09 November 2013

Perempuan dan Warga Afrika Pertama Jadi Moderator Komite Pusat WCC

Dr Agnes Abuom Nairobi, dari Gereja Anglikan Kenya, sebagai moderator badan tertinggi WCC. (Foto: FB WCC)

BUSAN, SATUHARAPAN.COM – Dalam salah satu keputusan pertama mereka sebagai Komite Sentral untuk Dewan Gereja Dunia (WCC), 150 anggota baru komite membuat sejarah Jumat (8/11) dengan memilih Dr Agnes Abuom Nairobi, dari Gereja Anglikan Kenya, sebagai moderator badan tertinggi WCC.

Abuom, yang terpilih dengan suara bulat untuk posisi ini, adalah perempuan pertama dan orang Afrika pertama di posisi ini sepanjang 65 tahun sejarah WCC.

Dua wakil moderator terpilih, Uskup Mary Ann Swenson dari Gereja United Methodist Amerika Serikat dan Prof Dr Gennadios Sassima dari Patriarkat Ekumenis Konstantinopel.

“Doa terbuka saya adalah bahwa kita akan maju bersama, di tahun-tahun berikutnya, meskipun keragaman kita memiliki potensi untuk memecah belah kita,” kata Abuom setelah pemilihannya, “... dan WCC akan terus tetap menjadi instrumen untuk menyediakan ruang yang aman bagi semua orang bisa datang dan berbagi harapan, aspirasi dan visi, dan suara kenabian mereka.”

Aboum berkata suara kenabian sangat penting untuk “ekumenisme di abad ke-21 dan gereja di dunia saat ini.”

Sebagai perempuan pertama yang menjadi moderator Komite Sentral WCC, Aboum mengatakan model kearifan konsensus “bergema sangat baik dengan proses pengambilan keputusan,” konsultatif dan hati-hati mendengarkan dan berusaha memahami sudut pandang orang lain.

Abuom telah bertugas di Komite Eksekutif WCC, mewakili Gereja Anglikan Kenya. Dia juga seorang konsultan pengembangan melayani kedua organisasi Kenya dan internasional mengoordinasikan program aksi sosial bagi agama dan masyarakat sipil di seluruh Afrika.

Abuom adalah presiden Afrika untuk WCC pada 1999-2006. Dia telah dikaitkan dengan Konferensi Gereja Semua Afrika dan gereja-gereja anggota WCC di Afrika. Dia adalah wakil presiden Religions for Peace dan Dewan Nasional Gereja Kenya.

Wilayah kerja Abuom meliputi keadilan ekonomi, perdamaian dan rekonsiliasi.

Gennadios, yang akan melayani masa jabatan kedua sebagai wakil moderator Komite Sentral WCC, adalah seorang guru besar teologi. Ia menjabat sebagai wakil moderator Komisi  Iman dan Tata Ibadah WCC  pada 1998-2006. Dia adalah anggota staf sekretariat Iman dan Tata Ibadah WCC di Jenewa 1983-1993. Ia terlibat dalam sejumlah dialog bilateral yang melibatkan Ortodoks, Katolik Roma dan gereja-gereja Lutheran antara lain.

Selain menjadi wakil moderator Komite Pusat WCC, Gennadios menjabat sebagai anggota presidium dan dewan pemerintahan dari Konferensi Gereja Eropa.

Swenson, yang juga akan berfungsi sebagai wakil moderator Komite Sentral WCC, ditahbiskan menjadi pelayanan oleh Konferensi Tahunan Pacific Northwest  United Methodist Church (UMC) pada 1973. Swenson juga menjabat sebagai pendeta senior dari First United Methodist Church, Wenatchee, Washington pada 1989-1992. Selama menjadi pendeta di Wenatchee, dia juga menjabat sebagai presiden Direksi Krisis Perkosaan dan Kekerasan dalam Rumah Tangga Pusat, dan Dewan Direksi Koalisi Tengah Utara Washington AIDS pada 1989-1992.

Swenson terpilih untuk keuskupan dari Gereja United Methodist oleh 1992 Konferensi Yurisdiksi Barat. Dia sekarang menjabat sebagai ketua Komisi Umum Perhatian Gereja pada Persatuan Umat Kristen dan Antar-agama (GCCUIC). (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home