Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 13:45 WIB | Minggu, 28 Desember 2014

Pesepakbola Legendaris Liberia Menangi Kursi Senat

George Weah, mantan pesepakbola AC Milan dan Chelsea. (Foto: bbc.co.uk)

MONROVIA, SATUHARAPAN.COM – George Weah, mantan pesepakbola Liberia memenangkan kursi senat dalam pemilihan umum parlemen Liberia.

Seperti dilaporkan BBC pada Minggu (28/12) mantan penyerang klub AC Milan (Italia) tersebut mengoleksi 78 persen suara daerah pemilihan Montserrado, yang mencakup ibu kota Monrovia, dan mengalahkan Robert Sirleaf — putra Presiden Ellen Johnson Sirleaf yang hanya meraup 11 persen suara.

Weah adalah fenomena sepakbola Afrika. Ia satu-satunya pemain asal Afrika yang memenangkan Pemain Terbaik Dunia pada 1995.

Mantan bintang sepakbola dunia George Weah yang juga mantan pemain sepakbola Afrika pernah bermain untuk Chelsea berebut kursi presiden Liberia dengan putra Presiden Ellen Johnson Sirleaf, Robert Sirleaf.

Weah (48) sendiri pernah gagal melawan Ellen saat pemilihan presiden pada 2005.  

Pekan lalu dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun televisi lokal setempat Weah mengemukakan dia akan memperoleh kemenangan.

“Kemenangan saya telah dicuri dalam pemilihan presiden sebelumnya. Kali ini saya tidak akan mengizinkannya," kata Weah.

Ebola Tunda Pemilu

Pemilu Liberia sebenarnya direncanakan Oktober 2014 lalu, tetapi Pemerintah Liberia menunda karena adanya wabah Ebola, dikarenakan menurut data WHO, Liberia adalah salah satu negara yang paling parah terkena wabah Ebola, dengan jumlah korban tewas 3.400.  

Ketakutan atas meluasnya wabah Ebola, pemerintah Liberia dalam menggelar pemilihan umum membuat aturan khusus saat pemungutan suara yakni sebelum memasuki bilik suara, setiap orang harus berdiri berjajar, dan terpisah satu meter dengan orang di kiri dan kanannya. Mereka juga harus mencuci tangan sebelum dan sesudah memasuki bilik suara. (bbc.co.uk)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home