Loading...
SAINS
Penulis: Francisca Christy Rosana 16:10 WIB | Selasa, 18 November 2014

Petugas Kesehatan Gianyar Berebut Jadi Jegeg-Bagus

Puncak peringatan ke-50 Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kabupten Gianyar diwarnai dengan grand final pemilihan Jegeg-Bagus Duta Kesehatan Kabupaten Gianyar yang berlangsung di GOR Ngurah Rai Gianyar, (15/11). (Foto: gianyarkab.go.id)

GIANYAR, SATUHARAPAN.COM – Petugas kesehatan dari puskesmas dan rumah sakit di Gianyar, Bali berkompetisi dalam pemilihan Duta Kesehatan Jegeg-Bagus pada puncak peringatan ke-50 Hari Kesehatan Nasional (HKN) di GOR Ngurah Rai Gianyar pada Sabtu (15/11).

Sesuai dengan tema pemilihannya, yaitu duta di bidang kesehatan, kriteria penilaian dititikberatkan pada kemampuan dan wawasan peserta di bidang kesehatan. Dikemas dalam suasana Bali, peserta unjuk kemampuan pengetahuan di bidang kesehatan, seni, dan budaya di depan juri dengan balutan busana adat. Sementara itu, juri pemilihan duta kesehatan ini ialah dokter Cahyani, dokter Menon Partini, Ketua DWP Kabupaten Gianyar Ambari Gaga Adisaputra, dan Wimas Blanco.

Seperti ditegaskan salah satu dewan juri, Ambari Gaga Adi Saputra selain kemampuannya di bidang kesehatan, para Jegeg-Bagus ini juga harus menarik dari segi penampilan. Hal ini penting karena mereka akan menjadi ikon dalam setiap kegiatan kesehatan di Kabupaten Gianyar.

Ketua Panitia HKN Kabupaten Gianyar, dokter I Kadek Suryawan MKes mengatakan finalis Jegeg-Bagus ini berasal dari RSU Sanjiwani, RS Ari Canti, RSU Premagna, Puskesmas Tegallalang, Puskesmas Sukawati, Dinas Kesehatan Gianyar, Puskesmas Blahbatuh, Puskesmas Payangan, dan Puskesma Tampaksiring.

“Pemenag Jegeg-Bagus ini nantinya akan ikut dalam setiap event atau kegiatan kesehatan di Kabupaten Gianyar,” Suryawan menjelaskan.

Sementara itu, Bupati Gianyar AAG Agung Bharata dalam sambutannya yang dibacakan juri dokter Cahyani Widyawati mengharapkan petugas kesehatan, baik yang berada di puskesmas, rumah sakit, klinik, maupun yang memberikan pelayanan secara mandiri diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif dengan segenap kemampuan pada masyarakat.

Upaya Pemerintah Gianyar dalam mewujudkan peningkatan kesehatan masyarakat telah dituangkan dalam berbagai kebijakan. Salah satunya, program "Gianyar menuju Kabupaten Layak Anak (KLA)" yang disertai dengan penetapan perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Kebijakan Pemerintah Gianyar juga didukung dengan berbagai langkah kebijakan lain, khususnya di bidang kesehatan.

Selain pemilihan Duta Kesehatan Jegeg-Bagus, puncak HKN juga diisi dengan acara spontanitas dari tiap-tiap puskesmas serta penyerahan hadiah pemenang lomba pada acara HKN di Kabupaten Gianyar. (gianyarkab.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home